Pengembangan bahan ajar berbasis contextual teaching and learning (ctl) pada materi cahaya dan alat optik untuk siswa SMP/MTS kelas VIII / Nila Fatmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis contextual teaching and learning (ctl) pada materi cahaya dan alat optik untuk siswa SMP/MTS kelas VIII / Nila Fatmasari

Fatmasari, Nila (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis contextual teaching and learning (ctl) pada materi cahaya dan alat optik untuk siswa SMP/MTS kelas VIII / Nila Fatmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPA secara umum meliputi tiga bidang ilmu dasar yaitu fisika biologi dan kimia. Materi cahaya dan alat optik merupakan salah satu materi IPA yang berupa faktual konseptual dan prosedural karena materi ini ada kaitannya dengan kehidupan siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menyatakan bahwa pembelajaran fisika masih kurang optimal karena bahan ajarnya kurang sehingga rendahnya hasil belajar dan berliterasi pada siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah bahan ajar yang dapat meningkatkan minat baca peserta didik. Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah salah satu bahan ajar yang dapat meningkatkan minat baca peserta didik dan mengaitkannya dalam kehidupan nyata siswa. Pengembangan dilakukan bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi cahaya dan alat optik. Model pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Pengembangan dilakukan melalui 3 tahap yaitu define design dan develop sedangkan untuk disseminate tidak dilakukan. Bahan ajar diuji menggunakan uji validasi dan keterbacaan. Pada uji validasi dilakukan oleh seorang dosen Pendidikan IPA UM. Uji keterbacaan dilakukan oleh 2 orang guru IPA dan 10 siswa SMP yang telah menempuh materi cahaya dan alat optik. Data yang diperoleh pada penelitian ini merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli bahan ajar terhadap buku siswa dan buku guru menunjukkan kriteria sangat layak dengan prosentase kelayakan sebesar 92 19% dan 100%. Berdasarkan hasil validasi materi oleh validator menunjukkan kriteria sangat layak dengan prosentase sebesar 100 % data hasil validasi kebenaran konsep dan kedalaman materi oleh validator materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan prosentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil uji keterbacaan oleh siswa bahan ajar dinyatakan sangat layak dengan prosentase kelayakan sebesar 93 86 %. Berdasarkan hasil uji keterbacaan oleh guru pada buku siswa dan buku guru menunjukkan kriteria sangat layak dengan prosentase sebesar 92 25 % dan 93 23 %. Data hasil uji keterbacaan materi oleh guru menunjukkan kriteria sangat layak dengan prosentase sebesar 95%. Hasil uji kebenaran konsep dan kedalaman materi oleh guru menunjukkan kriteria sangat layak dengan prosentase sebesar 100%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka bahan ajar yang dikembangkan sudah valid dan layak digunakan dalam pembelajaran untuk siswa SMP Kelas VIII pada materi cahaya dan alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304853

Actions (login required)

View Item View Item