Pengembangan bahan ajar model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan augmented reality pada kegiatan mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan / Linda Suci Triliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan augmented reality pada kegiatan mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan / Linda Suci Triliana

Triliana, Linda Suci (2020) Pengembangan bahan ajar model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan augmented reality pada kegiatan mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan / Linda Suci Triliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peserta didik tingkat SMP/MTs menganggap bahwa pembelajaran IPA merupakan materi yang sulit untuk dipahami sehingga tujuan pembelajaran yang ingin dicapai belum maksimal. Kesulitan peserta didik memahami pembelajaran IPA disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu ketersediaan bahan ajar. Sistem organisasi kehidupan merupakan salah satu materi IPA yang bersifat abstrak. Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa buku paket berisi teks dan media gambar yang terbatas. Penyusunan bahan ajar dengan model pembelajaran dan teknologi media pembelajaran yang menarik mampu membantu peserta didik untuk memahami materi dan meningkatkan rasa ingin tahu. Sesuai dengan acuan Kurikulum 2013 pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan metode ilmiah penyelidikan menerapkan salah satu model yang disarankan yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pemanfaatan teknologi augmented reality mampu memvisualkan konsep abstrak. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan bahan ajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan augmented reality pada kegiatan mengidentidikasi sistem organisasi kehidupan untuk kelas VII SMP/MTs yang layak dan valid. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model Lee dan Owens yang terbatas pada tiga tahapan diantaranya assessment/analysis design dan development. Kevalidan dan kelayakan bahan ajar ditentukan oleh validator dengan persentase skor 8805 61%. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku cetak berukuran A6 yang memuat KD 3.6. Sistem Organisasi Kehidupan disajikan dengan media gambar video animasi tiga dimensi AR dan handout pada google drive. Hasil validasi sebesar 84% dengan kriteria sangat layak dan uji keterbacaan sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. Saran penelitian selanjutnya yaitu (I) bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan arahan pendidik dan petunjuk penggunaan bahan ajar sehingga setiap subbab dan sintaks dalam bahan ajar terlaksana dengan baik (II) produk yang telah dikembangkan perlu diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengetahui efektivitasnya terhadap pembelajaran materi sistem organisasi kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304852

Actions (login required)

View Item View Item