Pengembangan modul berpendekatan saintifik dengan pemodelan partikel pada topik materi dan perubahannya sebagai penunjang sumber belajar siswa / Dini Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berpendekatan saintifik dengan pemodelan partikel pada topik materi dan perubahannya sebagai penunjang sumber belajar siswa / Dini Amalia

Amalia, Dini (2020) Pengembangan modul berpendekatan saintifik dengan pemodelan partikel pada topik materi dan perubahannya sebagai penunjang sumber belajar siswa / Dini Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menerapkan prinsip pembelajaran sesuai kurikulum 2013 siswa diharapkan dapat aktif mencari diperkuat dengan pendekatan saintifik. Kegiatan pembelajaran berpendekatan saintifik dirangkum dalam 5 tahapan pokok 5M yaitu mengamati menanya mencoba mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Klasifikasi materi dan perubahannya adalah dasar pembelajaran IPA pada aspek kimia yang mengaitkan kajian makroskopik mikroskopik dan simbolik. Materi ini menghubungkan antara struktur dalam materi dan perubahan fasa. Penelitian ini bertujuan untuk adalah menghasilkan modul berpendekatan saintifik dengan pemodelan partikel yang layak dan valid. Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model penelitian Borg dan Gall (1983) namun dilakukan modifikasi. Produk yang telah dikembangkan divalidasikan untuk memperoleh produk yang layak dan valid untuk diuji coba terbatas. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan instrumen pengambilan data berupa angket tertutup dengan skala likert dan skala Guttman dimana hasil penelitian diolah menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil rata-rata akhir uji validasi modul berpendekatan saintifik memiliki persentase sebesar 85 1% pada validasi media dan persentase sebesar 93 3% pada validasi materi dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan terbatas oleh siswa menghasilkan persentase sebesar keterbacaan terbatas oleh siswa menghasilkan persentase sebesar 76 43% dengan kriteria layak. Berdasarkan data tersebut produk modul berpendekatan saintifik dapat dilanjutkan ke tahap diseminasi dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304851

Actions (login required)

View Item View Item