Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e yang diperkaya augmented reality pada materi sistem gerak manusia / Harum Putri Lestary - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e yang diperkaya augmented reality pada materi sistem gerak manusia / Harum Putri Lestary

Lestary, Harum Putri (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5e yang diperkaya augmented reality pada materi sistem gerak manusia / Harum Putri Lestary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang kurang variatif dalam pembelajaran IPA tidak hanya bersumber pada materi yang bersifat abstrak namun kurangnya bahan ajar yang berbasis IT sangat mempengaruhi juga di era digital sekarang ini. Diperlukan adanya bahan ajar yang mengandung banyak animasi berupa gambar video dan media visualisasi lainnya sehingga dapat setara dengan tingkat kognitif peserta didik. Media visualisasi tersebut dapat berupa animasi 3d Augmenetd Reality. Selain itu diperlukan pula metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5E yang terdiri dari lima tahap yaitu engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Imajinasi dan penalaran yang tinggi oleh peserta didik juga dibutuhkan untuk mempelajari konsep yang bersifat abstrak pada materi-materi IPA khususnya materi sistem gerak pada manusia. Model Learning Cycle 5E tersebut dipadukan dengan media visualisasi berupa Augmented Reality. Peneitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Learning Cycle 5E yang diperkaya Augmented Reality pada materi sistem gerak manusia yang valid dan layak. Model pengembangan yang dikemukakan oleh Lee Owens terdapat lima tahap yaitu 1) penilaian/analisis (assessment/analysis) yang meliputi analisis kebutuhan (need assesment) dan analisis awal akhir (front-end analysis) 2) desain (design) 3) pengembangan (development) 4) implementasi (implementation) dan 5) evaluasi (evaluation). Penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap ke tiga yakni pengembangan (development). Tahap ke empat dan ke lima yaitu tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dilakukan karena keteebatasan waktu tenaga peneliti dan biaya. Hasil validasi produk berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif hasil validasi produk didapatkan nilai persentase secara keseluruhan sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil tersebut diperoleh dari rata-rata persentase validasi materi sebesar 98% validasi media sebesar 97% dan uji keterbacaan sebesar 90%. Berdasarkan nilai persentase hasil validasi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi sistem gerak manusia di dalam maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304850

Actions (login required)

View Item View Item