Pengembangan bahan ajar materi tata surya menggunakan model learning cycle 7e yang dilengkapi augmented reality/ Nikmatul ula - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi tata surya menggunakan model learning cycle 7e yang dilengkapi augmented reality/ Nikmatul ula

Ula, Nikmatul (2020) Pengembangan bahan ajar materi tata surya menggunakan model learning cycle 7e yang dilengkapi augmented reality/ Nikmatul ula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ula Nikmatul. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Materi Tata Surya Menggunakan Model Learning Cycle 7E Yang Dilengkapi Augmented Reality. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil M.Si. (II) Agung Mulyo Setiawan S.Pd M.Si. Kata Kunci bahan ajar augmented reality learning cycle 7e tata surya Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa peserta didik tingkat SMP/MTs merasa kesulitan belajar IPA. Kesulitan belajar dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya konsep yang masih abstrak motivasi belajar dan penggunaan bahan ajar. Tata surya adalah salah satu materi pelajaran IPA yang diajarkan di SMP/MTs. Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa buku paket yang berisi media teks dan gambar dua dimensi. Kelemahan penggunaan media tersebut menyebabkan peserta didik mudah bosan dan kurang mampu memahami konsep yang abstrak. Pemanfaatan teknologi augmented reality dalam dunia pendidikan mampu membantu peserta didik dalam menjelaskan konsep yang abstrak. Sebagian besar metode pembelajaran yang digunakan di sekolah yaitu ceramah diskusi eksperimen dan studi lapangan. Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Model learning cycle 7e merupakan salah satu model yang disarankan Kurikulum 2013. Model pembelajaran ini memfasilitasi peserta didik untuk membangun konsep secara mandiri. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan bahan ajar menggunakan model learning cycle 7E yang dilengkapi augmented reality pada materi tata surya untuk SMP/MTs kelas VII yang layak dan valid. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model Lee dan Owens yang terbatas pada tiga tahapan diantaranya assessment/analysis design dan development. Kelayakan bahan ajar terdiri dari validitas dan kepraktisan. Bahan ajar dinyatakan valid jika persentase skor dari validator ge 61%. Produk bahan ajar dinyatakan praktis jika mudah digunakan menarik serta dapat membantu pengguna dalam memahami dan menjelaskan konsep tata surya. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku cetak berukuran A6 yang memuat KD 3.11 dan 4.11. Materi tata surya disajikan dalam bentuk gambar audio video handout lembar kerja peserta didik (LKPD) dan animasi AR. Hasil validasi materi sebesar 83% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi media sebesar 85% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan pada peserta didik didapatkan persentase skor sebesar 85% dengan kriteria sangat layak. Produk yang dikembangkan teruji praktis oleh pengguna bahan ajar. Saran penelitian selanjutnya yaitu (I) meminimalisir kelemahan produk yang dikembangkan (II) selanjutnya dapat diimplementasikan untuk dapat diuji keefektifannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304848

Actions (login required)

View Item View Item