Pengembangan media pembelajaran dilengkapi web formative assessment pada topik cahaya dan optik / Rendi Satriawan Sandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dilengkapi web formative assessment pada topik cahaya dan optik / Rendi Satriawan Sandi

Sandi, Rendi Satriawan (2020) Pengembangan media pembelajaran dilengkapi web formative assessment pada topik cahaya dan optik / Rendi Satriawan Sandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di sekolah menunjukkan bahwa peserta didik pada tingkat SMP/MTs merasa kesulitan untuk belajar IPA khususnya pada materi yang abstrak. Salah satu materi IPA yang abstrak adalah materi Cahaya dan Optik. Media pembelajaran yang digunakan di sekolah belum dimanfaatkan secara maksimal kelemahan penggunaan media pembelajaran dan cara mengajar inilah yang membuat peserta didik cenderung pasif dan mudah bosan dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran peserta didik termotivasi dan dapat belajar dengan mandiri di luar maupun di dalam kelas. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang dilengkapi dengan web formative assessment pada topik cahaya dan optik untuk SMP/MTs kelas VIII yang layak dan valid. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terbatas pada empat tahapan yaitu analysis design development implementation. Kevalidan dan kelayakan media pembelajaran ditentukan oleh validator dan uji keterbacaan jika hasil validasi dan uji keterbacaan memperoleh persentase skor ge 61% maka media dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Materi cahaya dan alat optik yang disajikan dalam bentuk teks animasi video audio dan latihan soal yang dimuat dalam web formative assessment. Hasil uji validasi materi memperoleh persentase 87 8% dan 86% dengan kategori sangat layak uji kebenaran konsep materi cahaya dan optik mendapatkan skor rata-rata 1 dengan kategori benar dan hasil validasi media memperoleh persentase 95% dan 81 25% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata uji validasi ahli dosen secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 87 5% dengan kategori sangat layak. Untuk uji keterbacaan siswa digunakan responden siswa SMPN 21 Malang yang telah menempuh materi cahaya dan optik dengan hasil persentase 89 375% dengan kategori sangat layak. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak untuk digunakan dengan hasil validasi yaitu persentase skor sebesar 87 5% dan uji keterbacaan sebesar 89 375%. Media pembelajaran ini dilengkapi dengan animasi video gambar audio teks dan web formative assessment yang terhubung dengan internet. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah (I) Produk media pembelajaran ini perlu diuji keefektivitasannya. (II) Teknologi moodle pada media ini hanya terbatas pada latihan soal sebaiknya dapat digunakan sebagai penjelasan materi juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304847

Actions (login required)

View Item View Item