Pengembangan bahan ajar model problem based learning (PBL) topik pencemaran lingkungan untuk meningktakan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP / Adelia Regita Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar model problem based learning (PBL) topik pencemaran lingkungan untuk meningktakan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP / Adelia Regita Cahyani

Cahyani, Adelia Regita (2020) Pengembangan bahan ajar model problem based learning (PBL) topik pencemaran lingkungan untuk meningktakan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP / Adelia Regita Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses pembelajaran IPA peserta didik disajikan mengenai materi yang bersifat kontekstual berkaitan dengan lingkungan sekitar sehingga peserta didik memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu yang diperoleh dengan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Pembelajaran semacam ini dapat difasilitasi dengan menggunakan model pembelajaran PBL karena pembelajarannya yang terorientasikan suatu permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selain model pembelajaran dalam suatu proses belajar juga dibutuhkan bahan ajar. Bahan ajar merupakan sarana yang digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran dengan menyajikan materi pembelajaran yang bersangkutan. Salah satu topik kajian materi IPA pada tingkat SMP adalah Pencemaran Lingungan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan bahan ajar model PBL pada topik Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP/MTs kelas VII yang layak dan valid. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan ADDIE (Branch 2009) yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) analyze (analisis) tahap untuk melakukan analisis terhadap adanya masalah/kebutuhan. (2) design (rancangan) tahap untuk melakukan rancangan konsep mengenai produk yang dikembangkan (3) develop (pengembangan) tahapan dimana rancangan produk mulai direalisasikan (4) implement (implementasi) yaitu tahapan untuk menggunakan produk yang telah dikembangkan sebagai uji coba dan (5) evaluate (evaluasi) suatu tahapan dimana untuk mengetahui produk yang telah dikembangkan sudah valid dan layak atau belum. Penelitian ini terbatas hanya sampai tahap ketiga yaitu pengembangan dan validasi dikarenakan keterbatasan waktu dan pandemi covid-19. Jenis data yang diperoleh yaitu data kuantitatif berupa angka dan data kualitatif berupa saran dan komentar yang diperoleh dari validator. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket yang terdiri dari pernyataan dan dilengkapi skor penilaian yaitu skala Likert dan skala Guttman. Bahan ajar yang dihasilkan berupa buku cetak berukuran A4 yang memuat materi pencemaran lingkungan yang disajikan dalam bentuk buku siswa dan buku guru. Hasil validasi materi menunjukkan rata-rata sebesar 97.5% dengan kriteria sangat layak dan valid. Hasil validasi media buku siswa menunjukkan rata-rata sebesar 89% dengan kriteria sangat layak sedangkan hasil validasi media buku guru menunjukkan rata-rata sebesar 88.5% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPA khususnya pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304846

Actions (login required)

View Item View Item