Pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang untuk siswa SMP kelas VIII / Jesisca Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang untuk siswa SMP kelas VIII / Jesisca Pratiwi

Pratiwi, Jesisca (2020) Pengembangan formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang untuk siswa SMP kelas VIII / Jesisca Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian formative adalah penilaian yang bertujuan untuk memonitoring dan membantu belajar siswa dengan memberikan balikan atau respons. Penilaian formative yang dilakukan dirasa belum efektif dalam penerapannya hal ini karena waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama dan perhatian tiap individu yang tidak dapat dilakukan secara bersamaan serta balikan yang diberikan tidak dapat diterima secara langsung. Penilaian formative lebih efektif apabila dilakukan dengan berbantuan komputer selain itu penggunaan komputer dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dapat mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep siswa. Salah satu solusi yang dapat menunjang tercapainya pemahaman konsep siswa yaitu program formative feedback berbantuan komputer dengan soal pilihan ganda isomorfik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan produk berupa program formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang untuk siswa SMP kelas VIII yang layak dan valid digunakan untuk membantu belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis) perancangan (design) pengembangan (development) pelaksanaan (implementation) dan evaluasi (evaluation) (Branch 2009). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) karena keterbatasan waktu dari peneliti. Uji kelayakan produk dilakukan terhadap 30 siswa SMP Negeri 24 Malang. Hasil uji kelayakan produk yang telah dilakukan diperoleh 1) persentase rata-rata kelayakan produk pada validasi materi dan validasi media oleh dua validator ahli secara berturut-turut yaitu sebesar 93 63% dan 96 59% dengan kriteria sangat layak 2) uji validasi materi yang dilakukan meliputi aspek isi dan aspek kebenaran konsep sedangkan pada validasi media meliputi aspek isi aspek desain dan aspek visual 3) hasil uji keterbacaan yang dilakukan menghasilkan persentase rata-rata kelayakan media sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa program formative feedback berbantuan komputer dengan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gelombang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang dapat membantu mengatasi kesulitan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304844

Actions (login required)

View Item View Item