Pengembangan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 7E terintegrasi web based formative assesment pada topik getaran, gelombang, dan bunyi / Habibah Lutfiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 7E terintegrasi web based formative assesment pada topik getaran, gelombang, dan bunyi / Habibah Lutfiani

Lutfiani, Habibah (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 7E terintegrasi web based formative assesment pada topik getaran, gelombang, dan bunyi / Habibah Lutfiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu model pembelajaran IPA yang memberikan kesempatan siswa untuk terlibat aktif adalah model LC 7E. ModelLC 7E dapat diintegrasikan dengan penilaian formatif. Penilaian formatif dapat dilakukan secara formal dan informal. Penilaian formatif formal dilakukan secara terencana dan terstruktur yang berfungsi untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa. Sementara itu penilaian formatif informal dilakukan saat guru dan siswa berinteraksi secara langsung yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pembelajaran. Pada penerapan penilaian formatif diperlukan feedback yang berfungsi untuk memonitor dan mengevaluasi kegiatan belajar sehingga pemahaman konsep siswa meningkat.Feedback yang cepat dan tepat dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep. Jika pemahaman konsep siswa meningkat maka dapat meningkatkan self-efficacy pada siswa. Pemberian feedback secara cepat dan tepat terhambat oleh jumlah siswa yang banyak dan waktu pembelajaran di kelas yang sedikit sehingga dibutuhkan teknologi berupa web agar dapat memberikan pemberian feedback secara cepat dan tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran IPA model LC 7E terintegrasi web based formative assesment. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan terdiri dari tiga tahap yaitu analyze problem design dan develope. Tahap analyze problem dilakukan untuk mengidentifikasi permasalahan terkait materi sistem penilaian dan pelaksanaan pembelajaran.Pada tahap design bertujuan untuk membuat rancangan awal produk perangkat pembelajaran. Tahap develop bertujuan untukmenghasilkan perangkat pembelajaran yang vaid dan layak melalui tahap validasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan dalam pembelajaran secara klasikal maupun daring. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria sangat layak dengan hasil rata-rata perangakat pembelajaran model LC 7E terintegrasi web based formative assessmentsebesar 96 15%. Selain itu dilakukan analisis uji empiris pada soal pemahaman konsep dengan jumlah soal yang valid sebanyak 56 soal koefisien reliabilitas sebesar 0 925 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran terintegrasi web based formative assessment valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304843

Actions (login required)

View Item View Item