Paramita, Natasia (2021) Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis aplikasi android berbantuan hologram 3d pada materi sistem pernapasan manusia / Natasia Paramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu perangkat pembelajaran yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah media pembelajaran yaitu untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar salah satunya dalam pembelajaran IPA. Sebagian besar materi pada pembelajaran IPA memiliki karakteristik yang memerlukan siswa untuk berpikir secara abstrak sehingga kurang objektif jika dalam pembelajarannya hanya menggunakan metode ceramah serta dengan penggunaan media yang cenderung monoton dan sederhana. Penggunaan media pembelajaran juga selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini karena media yang memanfaatkan teknologi merupakan suatu cara yang baik untuk memecahkan permasalahan pembelajaran yang dialami oleh peserta didik serta dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan (2) mengetahui kelayakan dan kevalidan dan (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi android berbantuan hologram 3D Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004) dengan lima tahap yaitu (1) penilaian/analisis (assessment/analysis) yang mencakup analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal akhir (front-end analysis) (2) desain (design) (3) pengembangan (development) (4) implementasi (implementation) dan (5) evaluasi (evaluation). Data penelitian yang diperoleh dari angket validasi ahli media dan ahli materi uji kelayakan oleh guru dan uji kepraktisan oleh peserta didik berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil rata-rata skor penilaian validasi media sebesar 88% dan validasi materi sebesar 86 75% berkategori sangat layak dan valid dengan revisi. Hasil uji kelayakan oleh guru didapatkan skor sebesar 88% serta hasil uji kepraktisan oleh peserta didik didapatkan skor sebesar 88% yang artinya produk media sangat praktis digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android berbantuan hologram 3D yang dikembangkan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |