Eksistensi seni tradisional terbang jidor desa jenggolo pada era modern / Ghinanta Aqliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksistensi seni tradisional terbang jidor desa jenggolo pada era modern / Ghinanta Aqliyah

Aqliyah, Ghinanta Aqliyah (2023) Eksistensi seni tradisional terbang jidor desa jenggolo pada era modern / Ghinanta Aqliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman pada era modern memicu perubahan gaya hidup dan pola pikir masyarakat. Dampaknya adalah masyarakat lebih menggemari sesuatu yang bersifat modern dan enggan memilih sesuatu yang bersifat tradisional. Hal tersebut menjadi ancaman bagi seni tradisional. Salah satu seni tradisional yang mulai tersisihkan adalah seni tradisional Terbang Jidor. Padahal seni tradisional ini sarat akan makna karena memiliki nilai religi bagi umat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosesi pelaksanaan pertunjukan upaya yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi dan alasan atau pertimbangan masyarakat mengundang seni tradisional Terbang Jidor di Desa Jenggolo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang pada era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi wawancara dokumentasi dan divalidasi melalui triangulasi teknik pengumpulan data. Data yang telah berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan konsep analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi dalam pelaksanaan pertunjukan seni tradisional Terbang Jidor Al-Anwar melalui 3 tahapan yakni tahap pembukaan inti dan penutup. Ada beberapa upaya yang dilakukan baik oleh pelaku seni masyarakat serta pemerintah untuk melestarikan seni tradisional Terbang Jidor. Esensi seni tradisional Terbang Jidor untuk memanjatkan do rsquo a biaya mengundang yang relatif terjangkau dan peralatan yang sederhana membuat seni tradisional ini berpotensi untuk dipilih oleh masyarakat. Hal tersebut akan memudahkan upaya pelestarian seni tradisional Terbang Jidor. Mengacu pada hasil penelitian diharapkan masyarakat dapat melestarikan seni tradisional Terbang Jidor karena sarat akan makna dan menjadi falsafah kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304831

Actions (login required)

View Item View Item