Pengembangan media pembelajaran ips motion comic materi peristiwa lahirnya sumpah pemuda / Cindhy Agustin Aldalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran ips motion comic materi peristiwa lahirnya sumpah pemuda / Cindhy Agustin Aldalia

Aldalia, Cindhy Agustin Aldalia (2023) Pengembangan media pembelajaran ips motion comic materi peristiwa lahirnya sumpah pemuda / Cindhy Agustin Aldalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini diawali dari adanya problematika minat dan motivasi belajar serta pemahaman siswa kelas VIII di SMP IT Ihsaniat dalam mempelajari IPS khususnya pada materi sejarah. Problematika tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan variasi media yang digunakan masih sedikit. Hal itu membuat siswa merasa bosan dan mengantuk selama mengikuti proses pembelajaran. Oleh karenanya harus dilakukan penelitian yang berupaya mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran motion comic materi peristiwa lahirnya Sumpah Pemuda dan menghasilkan media pembelajaran motion comic yang layak dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode R amp D model ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan kuesioner. Hasil pengembangan produk berupa media pembelajaran motion comic materi peristiwa lahirnya Sumpah Pemuda dalam bentuk mp4 yang dapat diakses dengan koneksi internet. Hasil validasi oleh validator materi didapatkan persentase 91 66% dari validator bahasa sebesar 93 75% dan dari validator media sebesar 79 54%. Sedangkan hasil uji coba terbatas oleh siswa memperoleh 87 40%. Dari perolehan hasil tersebut menunjukkan bahwa media motion comic ini sangat layak dan menarik. Menarik dapat dilihat dari kriteria tampilan visual yang tampak seperti aslinya terdapat suara yang dilengkapi dengan tulisan dan percakapan sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304817

Actions (login required)

View Item View Item