Pengembangan aplikasi sivircado (situs virtual candi-candi di sidoarjo) berbasis virtual tour sebagai media pembelajaran ips di smp bina budi mulia malang / Suryani Naiborhu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi sivircado (situs virtual candi-candi di sidoarjo) berbasis virtual tour sebagai media pembelajaran ips di smp bina budi mulia malang / Suryani Naiborhu

Naiborhu, Suryani Naiborhu (2023) Pengembangan aplikasi sivircado (situs virtual candi-candi di sidoarjo) berbasis virtual tour sebagai media pembelajaran ips di smp bina budi mulia malang / Suryani Naiborhu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan abad 21 memberikan dampak tersendiri pada bidang pendidikan dimana pendidikan harus bisa beradaptasi dengan teknologi. Salah satu bentuk adaptasi dunia pendidikan di era serba teknologi saat ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communications Technology). Namun fakta lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran saat ini terutama pada pembelajaran IPS materi sejarah masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga perlu adanya upaya pengembangan media inovatif yang tidak hanya mampu membantu guru dalam menyampaikan materi Sejarah namun juga sesuai dengan keinginan peserta didikyang lebih berminat pada media pembelajaran berbasis ICT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi SIVIRCADO (Situs Virtual Candi-Candi di Sidoarjo) Berbasis Virtual Tour sebagai media pembelajaran IPS khususnya materi peninggalan-peninggalan pada masa Hindu-Buddha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R amp D). Model pengembangan ADDIE dipilih untuk melaksanakan penelitian. Subjek penelitian yaitu 30 peserta didik dan 1 guru IPS. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan perhitungan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SIVIRCADO sebagai media pembelajaran IPS mempunyai lima tahapan diantaranya 1) analysis (kebutuhan pengguna dan materi) 2) design (rancangan desian tampilan) 3) development (mengembangkan dan menguji validasi materi media) 4) implementation (uji coba produk) 5) evaluation (respon peserta didik). Rekomendasi tindak lanjut dari penelitian dan pengembangan ini yaitu dengan melakukan kegiatan penelitian eksperimen di kelas yang bertujuan untuk menguji efektivitas dari penggunaan produk pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304811

Actions (login required)

View Item View Item