Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli Rokok Djarum L.A Lights di warung Pulosari Malang) / Lilik Sulistyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli Rokok Djarum L.A Lights di warung Pulosari Malang) / Lilik Sulistyorini

Sulistyorini, Lilik (2009) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian (Studi pada pembeli Rokok Djarum L.A Lights di warung Pulosari Malang) / Lilik Sulistyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam dunia pemasaran globalisasi berpengaruh terhadap konsumen yang berkembang sangat cepat. Konsumen saat ini semakin terdidik banyak menuntut dan memiliki posisi tawar-menawar (bargaining position) yang semakin kuat. Persaingan dibidang pemasaran yang semakin kuat membuat pemasar saling bersaing untuk menjadi pemimpin pasar dibidang usahanya. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah promosi. Keberhasilan promosi sangat tergantung bagaimana seorang pemasar mengemas promosi sehingga promosi yang disampaikan oleh pemasar mengenai produk yang ditawarkan dapat mempengaruhi keputusan konsumen dan akhirnya akan menambah pemasukan perusahaan. Pentingnya peran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Rokok Djarum L.A Lights di Warung Pulosari Malang . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi (X) yang terdiri dari periklanan (X1) promosi penjualan (X2) penjualan perseorangan (X3) hubungan masyarakat (X4) dan pemasaran langsung (X5) terhadap keputusan pembelian (Y) baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rokok Djarum L.A Lights di warung Pulosari Malang pada bulan Juni 2008. Kemudian dengan menggunakan rumus Infinite Population dari buku Business Statistics diperoleh jumlah sampel sebanyak 245 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan menggunakan instrumen kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik dan keseluruhan analisis ini menggunakan bantuan program SPSS 12.0 for Windows. Hasil penelitian ini adalah (1) 128 responden (52 25%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan PT. Djarum untuk produk rokok L.A Lights melalui media periklanan adalah baik (2) 118 responden (48 16%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan PT. Djarum untuk produk rokok L.A Lights melalui media promosi penjualan adalah sangat baik (3) 105 responden (42 86%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan PT. Djarum untuk produk rokok L.A Lights melalui media penjualan perseorangan adalah baik (4) 102 responden (41 63%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan PT. Djarum untuk produk rokok L.A Lights melalui media hubungan masyarakat adalah baik (5) 119 responden (48 57%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan PT. Djarum untuk produk rokok L.A Lights melalui media pemasaran langsung adalah baik. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial didapatkan nilai thitung 5 027 ttabel 2 571 atau signifikan t 0 000 0 05. Dengan demikian variabel periklanan (X1) berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi penjualan (X2) didapatkan nilai thitung 5 769 ttabel 2 571 atau signifikansi t 0 000 0 05. Dengan demikian variabel promosi penjualan berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel penjualan perseorangan (X3) didapatkan nilai thitung 3 629 ttabel 2 571 atau signifikansi t 0 000 0 05. Dengan demikian variabel penjualan perseorangan berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel hubungan masyarakat (X4) didapatkan thitung 5 030 ttabel 2 571 atau signifikansi 0 000 0 05. Dengan demikian variabel hubungan masyarakat berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel pemasaran langsung (X5) didapatkan thitung 5 243 ttabel 2 571 atau signifikansi 0 000 0 05. Dengan demikian variabel pemasaran langsung berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan didapatkan nilai Fhitung 101 836 Ftabel 4 38 atau signifikansi t 0 000 0 05. Dengan demikian variabel periklanan promosi penjualan penjualan perseorangan hubungan masyarakat dan pemasaran langsung berpengaruh positif yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Sumbangan Efektif (SE) yang terbesar adalah variabel promosi penjualan yaitu sebesar 12 25%. Selain itu diketahui Adjusted R Square 0 674 yang artinya korelasi atau hubungan antara variabel bebas adalah kuat. Berdasarkan penelitian ini peneliti memberikan saran yaitu (1) periklanan yang dilakukan oleh PT. Djarum L.A Lights lebih ditingkatkan yaitu dengan membuat konsep dan isi iklan yang lebih menarik dengan menggunakan artis-artis yang sedang diminati oleh banyak orang (2) untuk promosi penjualan sebaiknya PT. Djarum lebih meningkatkan kerjasama dengan retailer melalui promosi produk yaitu penukaran bungkus kosong rokok Djarum L.A Lights dengan jumlah tertentu yang dapat ditukarkan dengan satu bungkus rokok Djarum L.A Lights pada periode tertentu atau langsung diberikan kepada konsumen yang loyal (3) penjualan personal harus dipertahankan dan ditingkatkan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada SPB dan SPG hingga memenuhi standar kualitas pelayanan. Hal ini bertujuan agar SPB dan SPG dapat melayani dan menjual produk lebih baik (4) Sebaiknya perusahaan lebih melakukan kegiatan sponsorship untuk kegiatan pendidikan misalnya perusahaan tetap mengadakan beasiswa Djarum Bhakti Pendidikan bagi mereka yang tidak mampu dan berprestasi (5) pemasaran langsung yang dilakukan oleh perusahaan hendaknya lebih difokuskan pada direct mobile karena dapat lebih berinteraktif dengan konsumen dan dapat lebih mudah mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30481

Actions (login required)

View Item View Item