Analisis pemanfaatan board game culga sebagai media pembelajaran IPS dalam mengenalkan kebudayaan lokal pada siswa / Riska Aprilia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemanfaatan board game culga sebagai media pembelajaran IPS dalam mengenalkan kebudayaan lokal pada siswa / Riska Aprilia</p>

Aprilia, Riska (2023) Analisis pemanfaatan board game culga sebagai media pembelajaran IPS dalam mengenalkan kebudayaan lokal pada siswa / Riska Aprilia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengenalan kebudayaan lokal di pendidikan formal telah dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dasar pada mata pelajaran IPS yang ada di tematik kelas IV tema 7 dengan Sub Tema 2 Keberagaman Budaya Negeriku. Mata pelajaran IPS tersebut memiliki materi yang bersifat abstrak dan konsep-konsepnya tidak mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kepraktisan dari Board game CULGA yang dimanfaatkan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menganalisis perbandingan nilai pre-test dengan post-test Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah dicapai siswa dan angket penilaian oleh siswa di SD Negeri Pojok 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan nilai dari kriteria rata-rata baik menjadi sangat baik. Bahkan setelah pemanfaatan media Board game CULGA nilai seluruh siswa mencapai KKM yang ditetapkan. Selain itu angket respon siswa terhadap media memperoleh kriteria sangat baik. Hal tersebut menyatakan bahwa Board game CULGA sangat efektif dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran materi tentang kebudayaan lokal pada pembelajaran IPS di kelas IV. Pemanfataan Board game CULGA sesuai dengan teori kognitif karena adanya inovasi pengenalan budaya lokal pada media ini melalui video animasi kartu barang kartu makanan kartu tantangan dan kartu pertanyaan yang harus didapatkan oleh siswa sehingga memperoleh pengetahuan baru. Berdasarkan penelitian saran kepada guru menjadi lebih kreatif serta inovatif dalam memvisualisasikan materi pembelajaran. Siswa dengan belajar sambil bermain board game bersama teman dapat memicu kompetisi yang sehat dan meningkatkan motivasi belajarnya. Rekomendasi untuk peneliti dapat meneliti secara lebih luas tentang pengaruh Board game CULGA terhadap interpersonal antar pemain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304807

Actions (login required)

View Item View Item