Implementasi Virtual Tour to Museum (VTM) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII pada materi keragaman sosial budaya di masyarakat / Nadia Mustikarani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Virtual Tour to Museum (VTM) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII pada materi keragaman sosial budaya di masyarakat / Nadia Mustikarani</p>

Mustikarani, Nadia (2023) Implementasi Virtual Tour to Museum (VTM) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII pada materi keragaman sosial budaya di masyarakat / Nadia Mustikarani</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyaknya materi IPS yang harus di hafal dengan suasana belajar yang monoton berpengaruh terhadap kebosanan siswa yang berdampak pada menurunnya hasil belajar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemilihan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan materi secara nyata dengan penggunaan Virtual Tour to Museum. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media pembelajaran Virtual Tour to Museum Gubug Wayang pada materi Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat dan (2) menganalisis hasil belajar IPS kelas VII setelah diterapkannya media pembelajaran Virtual Tour to Museum Gubug Wayang pada materi Keragaman Sosial Budaya di Masyarakat. Metode yang digunakan yaitu true experimental dengan desain pretest-posttest control group. Instrumen tes yang digunakan berjumlah 23 soal berbasis Asesmen Kompetensi Minimum. Uji gain score dan Independent Sample T-test dalam penelitian ini digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) siswa memperoleh pengetahuan lebih luas melalui pengalaman audio-visual pada penggunaan media Virtual Tour to Museum Gubug Wayang. Melalui penerapan media tersebut siswa dapat melihat gambar mendengarkan video dan membaca teks informasi terkait dan (2) berdasarkan hasil penghitungan gain score mayoritas siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media Virtual Tour to Museum Gubug Wayang memperoleh skor n-gain pada kategori tinggi. Serta terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran tersebut terhadap peningkatan hasil belajar IPS. Direkomendasikan dalam media pembelajaran Virtual Tour to Museum berikutnya mohon durasi tidak melebihi 8 menit untuk menjaga kefokusan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304802

Actions (login required)

View Item View Item