Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada Bentar Dipayana Toserba Blitar) / Yanwar Wahyu Kristanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada Bentar Dipayana Toserba Blitar) / Yanwar Wahyu Kristanto

Kristanto, Yanwar Wahyu (2010) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada Bentar Dipayana Toserba Blitar) / Yanwar Wahyu Kristanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristanto Yanwar Wahyu. 2008. Pengaruh Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Bentar Dipayana Toserba Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si (II) Drs. Moh. Hari M.Si. Kata Kunci Bauran Pemasaran Keputusan Pembelian Konsumen Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang bertambah pesat banyak perusahaan yang berdiri silih berganti. Tentu saja hal ini menimbulkan persaingan dalam merebut konsumen semakin bertambah ketat. Masing-masing perusahaan berlomba-lomba memberikan pemasaran terbaik untuk memuaskan konsumen. Untuk dapat terus bersaing perusahaan harus dapat mempertahankan pelanggannya karena hidup dan mati perusahaan ditentukan ada tidaknya pelanggan. Peluang bisnis yang cukup menjanjikan di bidang toserba mengakibatkan semakin banyak berdiri toserba di Blitar. Yang kemudian terjadi adalah timbulnya persaingan yang cukup ketat di antara pengusaha toserba. Pengusaha toserba dituntut untuk melakukan pengelolaan usaha toserba Persaingan yang ketat antar perusahaan mendorong perusahaan untuk meningkatkan mutu dan kualitas produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bentar Dipayana Toserba Blitar (2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bentar Dipayana Toserba Blitar (3) pengaruh saluran distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bentar Dipayana Toserba Blitar (4) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bentar Dipayana Toserba Blitar dan (5) pengaruh produk harga saluran distribusi dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bentar Dipayana Toserba Blitar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu produk harga saluran distribusi dan promosi. Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian konsumen pada Bentar Dipayanan Toserba Blitar. Penelitian ini dilakukan di Bentar Dipayana Toserba Blitar mulai Desember 2007 - Februari 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional. Adapun metode yang penulis lakukan adalah metode wawancara dan metode angket/kuesioner. Analisis data penelitian yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F dalam menguji hipotesisnya. Data penelitian dijaring dengan memberikan kuesioner kepada 138 pelanggan yang berkunjung dan belanja di Bentar Dipayana Toserba Blitar. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial dari masing-masing variabel bebas ada pengaruh signifikan antara variabel produk terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial. Sehingga keputusan pembelian konsumen di Bentar Dipayana Toserba Blitar dipengaruhi oleh variabel produk yang meliputi keanekaragaman produk merek dan kualitas produk yang disediakan. ada pengaruh signifikan antara saluran distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial. Sehingga keputusan pembelian konsumen di Bentar Dipayana Toserba Blitar dipengaruhi oleh variabel saluran distribusi yang meliputi tempat yang strategis dan kemudahan transportasi menuju ke lokasi. ada pengaruh signifikan antara variabel promosi terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial. Sehingga keputusan pembelian konsumen di Bentar Dipayana Toserba Blitar dipengaruhi oleh variabel promosi yang telah dilakukan yang meliputi periklanan dengan menggunakan poster brosur spanduk iklan di radio dan tenaga penjual yang memberikan pelayanan dengan baik kepada konsumen yang datang. tidak ada pengaruh signifikan antara variabel harga terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial. Sehingga keputusan pembelian konsumen di Bentar Dipayana Toserba Blitar tidak dipengaruhi oleh variabel harga yang meliputi diskon potongan harga khusus dan perbandingan harga dengan tempat lainnya karena diskon dan potongan harga. Secara simultan hasil uji regresi dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan bauran pemasaran berupa produk (X1) harga (X2) saluran distribusi (X3) dan promosi (X4) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bentar Dipayana Toserba Blitar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dijadikan pertimbangan manajemen Bentar Dipayana Toserba Blitar adalah menambah keanekaragaman produk yang dijual memperbaiki tata letak stand yang ada melakukan renovasi pada tempat yang lebih menarik menambah promosi dengan lebih sering beriklan baik dan memasang poster atau baliho agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian di Bentar Dipayana Toserba. Bentar Dipayana Toserba Blitar sehingga perlu melakukan penetapan harga yang lebih memperhitungkan dengan daya beli konsumen agar mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Serta lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menentukan kebijakan dalam bauran pemasaran agar keputusan pembelian konsumen meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30476

Actions (login required)

View Item View Item