Rosita, Sabrina Enggar (2023) Efektivitas metode mnemonik terhadap hasil belajar peserta didik Kelas viii dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang / Sabrina Enggar Rosita</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran memiliki tujuan untuk mengontrol lingkungan dalam kaitannya dengan peserta didik dan materi. Penggunaan metode dalam pembelajaran merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Keefektifan penggunaan metode tergantung pada kemampuan guru dalam pengimplementasiannya. Dengan menggunakan metode yang efektif dapat menaikkan minat dan motivasi peserta didik pada proses pembelajaran untuk mendapati hasil belajar optimal. Tujuan penelitian ini dapat mengetahui efektivitas metode mnemonik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 15 Malang. Penelitian ini menggunakan quasy experimental yang mempergunakan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Variabel bebas penelitian ini yakni metode mnemonik sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi dokumentasi dan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dalam bentuk multiple choice berjumlah 20 butir soal. Untuk mencari selisih nilai pretest dan posttest maka dihitung menggunakan gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan nilai gain score guna mengetahui keefektifan metode mnemonik terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwasanya metode mnemonik pembelajaran IPS efektif dalam kaitannya dengan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut didukung dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari nilai pretest dan posttest. Rekomendasi bagi guru agar dapat menggunakan metode mnemonic karena lebih efektif.Bagi peserta didik bahwa menggunakan metodemnemonik dapat menumbuhkan daya ingat maka mencapai hasil belajar yang maksimal. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat mengevaluasi strategi pembelajaran untuk meminimalkan keterbatasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |