Makna simbolik tradisi tedhak siten di kecamatan kalidawir kabupaten tulungagung / Ilham Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna simbolik tradisi tedhak siten di kecamatan kalidawir kabupaten tulungagung / Ilham Prasetya

Prasetya, Ilham Prasetya (2022) Makna simbolik tradisi tedhak siten di kecamatan kalidawir kabupaten tulungagung / Ilham Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masyarakat suku Jawa memiliki tradisi berkaitan dengan proses perkembangan anak yang sampai saat ini masih dipertahankan. Tradisi tersebut adalah tradisi tedhak siten. Tradisi ini dilakukan ketika anak mulai belajar berjalan yang biasanya dimulai di umur 7 sampai dengan 8 bulan. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mendeskripsikan prosesi menjelaskan makna yang terkandung dalam tradisi tersebut serta upaya masyarakat dalam melestarikan tradisi tedhak siten di masa pandemi Covid-19. Model penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan di 3 desa di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung yaitu desa Betak desa Pagersari dan desa Jabon. Data dalam penelitian ini didapat dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah tradisi dimulai dengan anak dikurungi dengan kurungan ayam dimandikan dengan kembang setaman didandani dengan pakaian bagus diberikan bucheng robyong. Selanjutnya dinaikan ke tangga yang tebuat dari batang tebu setelah semua dilakukan ada acara penutup yang dilakukan yaitu dengan selamatan. Makna yang terkandung dalam tradisi ini adalah harapan-harapan dari orang tua untuk anaknya dari kecil hingga nanti kelak dewasa. Upaya dalam pelestarian di masa pandemi ini dilakukan dengan cara melakukannya dan juga menyebarluaskan melalui media sosial seperti Instagram Youtube dan Facebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304739

Actions (login required)

View Item View Item