Peran bumdes desa candiwates dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pasar jande / Rizqiyatul Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran bumdes desa candiwates dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pasar jande / Rizqiyatul Fitriyah

Fitriyah, Rizqiyatul Fitriyah (2022) Peran bumdes desa candiwates dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pasar jande / Rizqiyatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

BUMdes di Desa Candiwates bekerjasama dengan masyarakat membangun unit usaha yang bernama Pasar Jande (jajanan ndeso). Pasar Jande (jajanan ndeso) yang dinaungi oleh BUMdes Candiwates baru dibangun tahun 2018 yakni sebuah pasar yang menjual jajanan tradisional dengan tempat dan nuansa yang modern. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta menganalisis faktor pendukung dan pendorong serta penghambat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Pasar Jande. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis Miles Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BUMDes Candiwates melalui Pasar Jande berhasil menciptakan lapangan pekerjaan dengan melibatkan masyarakat melalui ibu-ibu untuk menitipkan jajanannya dan pemuda yang bekerja sebagai waiters di Pasar Jande. Peran BUMDes dapat berjalan dengan baik karena adanya koordinasi yang baik antar pengurus anggota dan masyarakat view yang mendukung jajanan beragam serta pelayanan yang baik menjadi faktor internal yang mendukung dan faktor eksternal berasal dari ketersediaan lahan yang digunakan untuk membangun Pasar Jande. Sedangkan faktor internal yang menghambat berasal dari rasa pesimis masyarakat karena letak Pasar Jande yang jauh dari jalan utama dan faktor eksternalnya berasal dari cuaca yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304735

Actions (login required)

View Item View Item