Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No. 116 Malang) / Vicky Mahardhika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No. 116 Malang) / Vicky Mahardhika

Mahardhika, Vicky (2009) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No. 116 Malang) / Vicky Mahardhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akbar Vicky Mahardhika. 2009. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No.116 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Dwi K. M.Si. (II) Drs. Agus Hermawan M.Si. M.Bus. Kata kunci bauran pemasaran keputusan pembelian konsumen Persaingan di dunia bisnis barang dan jasa saat ini semakin kompetitif. Salah satu persaingan terjadi adalah pada produk wardrobe yang ditawarkan oleh distro-distro. Pada awalnya konsep distro banyak diterapkan di Kota Bandung namun sekarang mulai merambah di Kota Malang. Beberapa distro yang ada di Kota Malang antara lain adalah Distro Bandung Sport The Reds Realizm Sport Mania Insolent dan lain-lain. Banyaknya distro yang ada di Kota Malang tentu saja akan turut meramaikan persaingan yang ada. Selain permasalahan semakin ketatnya persaingan antar distro kini mulai muncul permasalahan baru yakni masalah pemalsuan produk. Masalah pemalsuan ini tentu saja akan merugikan distro yang menjual produk dengan merk yang asli. Oleh karena itu setiap distro harus menunjukkan nilai lebihnya di mata konsumen untuk menarik perhatian mereka serta menerapkan strategi-strategi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh distro misalnya adalah strategi bauran pemasaran dimana pihak distro harus memperhatikan variabel produk harga tempat serta promosi yang ada dalam strategi bauran pemasaran tersebut. Distro The Reds merupakan distro yang menjalankan strategi bauran pemasaran. Produk yang ditawarkan oleh distro dapat dikatakan mewakili tren anak muda masa kini harga yang ditawarkan bersaing dengan distro lain tempat atau lokasi distro cukup strategis serta promosi-promosi yang diadakan oleh distro juga menarik. Kelebihan Distro The Reds bila dibandingkan dengan distro lain antara lain adalah merk-merk yang ditawarkan adalah merk-merk yang terkenal dan berkualitas namun tetap dengan harga yang bersaing selain tempat yang strategis Distro The Reds juga sering memberikan potongan harga bagi konsumennya. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Distro The Reds yang melakukan tindakan pembelian di distro tersebut. Dimana dari survey yang dilakukan peneliti pada 3 bulan terakhir yakni Bulan Juli sampai September diduga jumlah pengunjung Distro The Reds sebanyak 2580 pengunjung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling yaitu pengambilan sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No.116 Malang. Variabel yang berkaitan dengan penelitian ini adalah variabel bebas dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk (X1) harga (X2) tempat (X3) dan promosi (X4). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian konsumen di Distro The Reds. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No.116 Malang tidak terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No.116 Malang terdapat pengaruh yang signifikan tempat terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No.116 Malang terdapat pengaruh yang signifikan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No.116 Malang dan terdapat pengaruh produk harga tempat dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Distro The Reds Jl.MT.Haryono No.116 Malang. Dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini penulis memberikan saran untuk distro yaitu sebaiknya distro memperhatikan penetapan harga produk dengan membandingkannya dengan distro lain dan sebaiknya distro lebih mempromosikan produk-produknya lebih intensif karena maraknya kasus pembajakan produk serta mengadakan event-event tertentu untuk menarik perhatian konsumen sebagai suatu strategi dalam menghadapi ketatnya persaingan saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30471

Actions (login required)

View Item View Item