Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli notebook acer (Studi pada pengguna fasiltas hotspot kafe Aquanos Kota Malang) / Willy Dwi Wahyu S, - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli notebook acer (Studi pada pengguna fasiltas hotspot kafe Aquanos Kota Malang) / Willy Dwi Wahyu S,

Wahyu S, Willy Dwi (2009) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan konsumen dalam membeli notebook acer (Studi pada pengguna fasiltas hotspot kafe Aquanos Kota Malang) / Willy Dwi Wahyu S,. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyo Willy Dwi Wahyu. 2008. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Notebook Acer (Studi pada Pengguna Fasilitas Hotspot Kafe Aquanos Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimibing (1) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. (2) Drs. Agus Hermawan M.Si. M.Bus. Kata kunci faktor psikologis keputusan pembelian Persaingan bisnis dewasa ini semakin ketat. Hal ini terjadi akibat adanya globalisasi dan perdagangan bebas. Perusahaan dituntut untuk memenangkan persaingan dengan cara mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya serta juga mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki agar terus loyal. Guna mendukung hal tersebut perusahaan harus mampu memahami dan mempelajari tentang perilaku konsumen agar dapat memahami bagaimana karakteristik konsumen yang sesungguhnya. Perilaku konsumen dapat memberikan penjelasan tentang apa yang menjadi kebutuhan konsumen alasan konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen di dalam membuat keputusan untuk melakukan pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan melakukan pembelian adalah faktor psikologis yang terdiri dari motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) keyakinan dan sikap (X4) terhadap keputusan dalam membeli notebook Acer baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna fasilitas hotspot kafe Aquanos kota Malang yang menggunakan notebook Acer. Menggunakan teknik perhitungan infinite population Daniel dan Terrel diperoleh sampel sebanyak 87 responden. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah accidental sampling. Analisis data penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F untuk menguji hipotesisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli notebook Acer. (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli notebook Acer. (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli notebook Acer. (4) terdapat pengaruh yang signifikan keyakinan dan sikap terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli notebook Acer. (5) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli notebook Acer. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini penulis memberikan saran agar sebaiknya perusahaan dalam hal ini Acer selalu melakukan berbagai kreasi dan inovasi dalam mengeluarkan produk notebooknya. Desain notebook yang menarik tersedia berbagai macam tipe dan warna serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang terkini tentunya akan mampu mempengaruhi terutama dalam hal ini faktor psikologis konsumen sehingga terdorong untuk membeli notebook Acer. Pelayanan yang diberikan terutama after sales service hendaknya juga menjadi perhatian utama Acer demi kepuasan konsumen dan menciptakan konsumen yang loyal. Selain itu bagi penelitian selanjutnya peneliti mengharapkan meneliti tentang variabel bebas lain yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli seperti faktor kebudayaan faktor sosial dan faktor pribadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item