Pengaruh Brand Equity Notebook Acer terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada konsumen pengguna fasilatas hot spot cafe aquanos Kota Malang) / Slamet Jarot Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Brand Equity Notebook Acer terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada konsumen pengguna fasilatas hot spot cafe aquanos Kota Malang) / Slamet Jarot Saputro

Saputro, Slamet Jarot (2009) Pengaruh Brand Equity Notebook Acer terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada konsumen pengguna fasilatas hot spot cafe aquanos Kota Malang) / Slamet Jarot Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan tehnologi yang cukup pesat pada saat ini membuat seseorang menjadi lebih mudah didalam melakukan aktifitasnya. Salah satu perkembangan tehnologi yang cukup pesat pada saat ini adalah perkembangan komputer. Perkembangan tehnologi komputer telah membuat komputer menjadi lebih efisien dan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh penggunanya laptop atau notebook merupakan salah satu pengembangan dari tehnologi komputer pada saat ini yang cukup pesat. Keuggulan notebook jika dibandingkan dengan PC (personal computer) adalah notebook memiliki keunggulan mobilitas karena ukurannya yang kecil dan memiliki fitur-fitur tehnologi yang hampir sama dengan PC (personal computer) atau bahkan lebih sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Perkembangan pasar notebook di Indonesia pada saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat setiap produsen berusaha memberikan suatu nilai lebih terhadap produknya untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Brand equity atau ekuitas merek dari sebuah produk memiliki peranan yang penting didalam mempengaruhi keputusan pembelian seorang konsumen demikian juga dengan brand equity atau ekuitas merek yang dimiliki oleh notebook Acer. brand equity merupakan seperangkat asset yang dimiliki oleh suatu merek atau perusahaan yang akan menjadi identitas dari sebuah produk atau perusahaan dan hal tersebut akan membedakannya dengan produk pesaing yang ada dipasar. Brand equity akan akan memberikan nilai tambah atau lebih terhadap sebuah merek produk apabila unsur-unsur yang ada didalam ekuitas merek produk tersebut dapat mewakili karakteristik produk dan karakteristik segmen pasar. Berdasarkan penjelasan diatas maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Brand Equity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Equity (X) yang terdiri dari kesadaran merek (X1) asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X ) secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan Accidental Sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang konsumen notebook Acer yang menggunakan fasilitas hot spot di cafe Aquanos kota Malang dengan menggunakan rumus Daniel Terel. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 (lima) opsi pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS Versi 13.00. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran merek (X ) terhadap keputusan pembelian notebook Acer pada pengguna fasilitas hot spot cafe Aquanos kota Malang. Terdapat pengaruh yang signifikan antara asosiasi merek (X ) terhadap keputusan pembelian notebook Acer pada pengguna fasilitas hot spot cafe Aquanos kota Malang. Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi kualitas (X ) terhadap keputusan pembelian notebook Acer pada pengguna fasilitas hot spot cafe Aquanos kota Malang. Terdapat pengaruh yang signifikan antara loyalitas merek (X ) terhadap keputusan pembelian notebook Acer pada pengguna fasilitas hot spot cafe Aquanos kota Malang. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran merek (X ) asosiasi merek (X ) persepsi kualitas (X ) dan loyalitas merek (X ) terhadap keputusan pembelian notebook Acer pada pengguna fasilitas hot spot cafe Aquanos kota Malang. Dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini penulis memberikan saran untuk perusahaan yaitu agar perusahaan dapat mempertahankan dan dapat mengelola dengan baik brand equity notebook Acer karena brand equity suatu produk dapat berubah dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam mengelola brand equity dapat dilakukan dengan melalui media promosi terus melakukan inovasi terhadap produk dan peningkatan kualitas layanan pada Acer Customer Service. Selain itu peneliti juga memberikan saran kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan kepuasan pelanggan atau loyalitas konsumen sebagai variabel terikat untuk mengetahui hubungan antara brand equity dengan loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30469

Actions (login required)

View Item View Item