Konstruksi sosial pada kampung tenun ikat bandar kidul kediri sebagai destinasi wisata budaya / Noviea Ary Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi sosial pada kampung tenun ikat bandar kidul kediri sebagai destinasi wisata budaya / Noviea Ary Andriani

Andriani, Noviea Ary Andriani (2023) Konstruksi sosial pada kampung tenun ikat bandar kidul kediri sebagai destinasi wisata budaya / Noviea Ary Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

KONSTRUKSI SOSIAL PADA KAMPUNG TENUN IKAT BANDAR KIDUL KEDIRI SEBAGAI DESTINASI WISATA BUDAYApenulis Noviea Ary Andriani Nur Hadi S1 Pendidikan SosiologiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak pengembangan Kampung Wisata Tenun Ikat danmenjelaskan pola konstruksi sosial pada proses pengembangan kampung wisata dengan analisis dialektif dari Peter L.Berger. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini diambil menggunakan Teknik snowball sampling dengan wawancara dengan informan dari unsur pihak pemerintah daerah tokoh masyarakat POKDARWIS pemilik usaha tenun ikat danpengrajin tenun ikat. Hasil penelitian yakni pada tahapan eksternalisasi terdapat beberapa tokoh masyarakat Bandar Kidulmemiliki gagasan pengembangan potensi kearifan lokal diawali dengan pelaksanaan kegiatan bersih lingkungan serta upayamenjaga lingkungan tetap asri. Tahapan objektifikasi masyarakat mulai sadar akan potensi kearifan lokal dengan mengembangkan kampung tenun ikat menjadi destinasi wisata budaya sertamendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan dan Pemerintah. Pada tahapan internalisasi masyarakat setempat merasa warisan budaya tetap terjaga ekonomi lebih meningkat dan eksistensi Kampung Wisata Tenun Ikat Bandar Kidul semakin terkenal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304600

Actions (login required)

View Item View Item