Pengaruh faktor sosial dan faktor psikologi terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba (Studi pada mahasiswa penghuni kost di Kelurahan Subersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Muh Zuhdi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor sosial dan faktor psikologi terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba (Studi pada mahasiswa penghuni kost di Kelurahan Subersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Muh Zuhdi Kurniawan

Kurniawan, Muh Zuhdi (2009) Pengaruh faktor sosial dan faktor psikologi terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba (Studi pada mahasiswa penghuni kost di Kelurahan Subersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Muh Zuhdi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Pendidikan merupakan salah satu gelar yang terkenal untuk kota Malang. Sehingga dikota ini berdiri berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang memiliki mahasiswa dari berbagai macam daerah asal. Situasi kota Malang yang kondusif dan fasilitas pendidikan yang memadai sangat mendukung untuk kegiatan belajar mahasiswa. Salah satu hal yang menunjang aktivitas mahasiswa adalah komputer jinjing atau laptop. Toshiba sebagai salah satu merek laptop terkenal dunia memberikan pilihan produk terbaiknya. Diantara produk laptop Toshiba adalah Tecra Satellite Qosmio dan Portege. Berbicara mengenai laptop Toshiba hal yang menjadi kajian adalah proses keputusan pembelian laptop toshiba pada mahasiswa. Faktor sosial dan faktor psikologi merupakan faktor yang diteliti pengaruhnya terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba pada mahasiswa. Faktor sosial yang meliputi kelompok acuan keluarga serta peranan dan status. Faktor psikologi yang meliputi motivasi persepsi belajar serta kepercayaan dan sikap. Selanjutnya tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi faktor sosial faktor psikologi dan keputusan pembelian laptop toshiba pada mahasiswa mengetahui pengaruh variabel faktor sosial dan faktor psikologis secara parsial terhadap proses keputusan pembelian mahasiswa mengetahui pengaruh variabel faktor sosial dan faktor psikologis secara simultan terhadap proses keputusan pembelian mahasiswa dan penelitian ini dilakukan di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas Faktor Sosial (X1) yang meliputi kelompok acuan keluarga serta peranan dan status dan Faktor Psikologis (X2) yang meliputi motivasi belajar persepsi serta kepercayaan dan sikap beserta variabel terikatnya adalah Proses Keputusan Pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan merupakan model penelitian survey dengan populasi mahasiswa pengguna laptop Toshiba Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 87 responden yang dipilih secara accidental sampling dan menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel Faktor Sosial (X1) yang meliputi kelompok acuan keluarga serta peranan dan status dan Faktor Psikologis (X2) yang meliputi motivasi belajar persepsi serta kepercayaan dan sikap secara parsial terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba pada mahasiswa penghuni kost di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan juga terdapat pengaruh signifikan antara variabel Faktor Sosial (X1) yang meliputi kelompok acuan keluarga serta peranan dan status dan Faktor Psikologis (X2) yang meliputi motivasi belajar persepsi serta kepercayaan dan sikap secara simultan terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba pada mahasiswa penghuni kost di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Variabel faktor sosial yang dominan dalam mempengaruhi proses keputusan pembelian laptop Toshiba pada mahasiswa penghuni kost di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel faktor sosial memiliki sumbangan efektif lebih besar dibandingkan dengan faktor psikologi 57.15% dalam mempengaruhi proses keputusan pembelian produk laptop Toshiba. Adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0 722 atau 72 2%. Menunjukkan proses keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor sosial (X1) dan faktor psikologi (X2) sebesar 72 2%. Sehingga melihat hasil diatas hendaknya berbagai pihak yang berkaitan khususnya Toshiba perlu memberikan perhatian yang lebih terhadap faktor sosial yang memberikan pengaruh dominan terhadap proses keputusan pembelian laptop Toshiba di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30458

Actions (login required)

View Item View Item