Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja dengan dimensi oleh komitmen organisasi (Studi pada kaeryawan PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan) / Moh. Arsad S Safik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja dengan dimensi oleh komitmen organisasi (Studi pada kaeryawan PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan) / Moh. Arsad S Safik

Safik, Moh. Arsad S (2009) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja dengan dimensi oleh komitmen organisasi (Studi pada kaeryawan PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan) / Moh. Arsad S Safik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran sentral dalam pencapaian tujuan organisasi. Secara keseluruhan tujuan organisasi ditentukan oleh kinerja karyawannya. Disamping itu dalam sebuah organisasi terdapat nilai-nilai dan kepercayaan yang dianut oleh sebuah organisasi dalam praktek kesehariannya yang dinamakan sebagai budaya oragnisasi. Bagaimana karyawan berperilaku dan apa yang seharusnya mereka lakukan banyak di pengaruhi oleh budaya organisasi tersebut. Sikap yang dibentuk antara lain oleh budaya organisasi erat dengan kinerja karyawan. Sedangkan tujuan organisasi secara keseluruhan ditentukan oleh kinerja karyawan dari perusahaan itu sendiri. Selain itu Kesuksesan sebuah organisasi tidak hanya didukung oleh budaya organisasinya saja tetapi juga bagaimana organisasi tersebut menumbuhkan komitmen organisasi yang dipahami sebagai ikatan kejiwaan individu terhadap organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi yang ada di PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan terhadap kinerja dengan mediasi oleh komitmen organisasi. Penelitian ini dilaksanakan di PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan pada awal bulan november sampai dengan pertengahan desember 2008. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan yang berjumlah 45 orang. Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 40 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data yang dipakai adalah analisis jalur (path analysis) yang merupakan suatu bentuk terapan dari analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Tujuan dari analisis jalur adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Dalam tujuan peneltian ini untuk mengetahui pengaruh langsung budaya organisasi terhadap komitmen organisasi dan kinerja serta pengaruh langsung antara komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan. Sedangkan pengaruh tidak langsungnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja melalui mediasi komitmen organisasi. Dalam penelitian ini mempunyai variabel bebas yaitu budaya organisasi (X) variabel mediasi yaitu komitmen organisasi (Z) dan variabel terikat yaitu kinerja (Y). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan software SPSS 13.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat hipotesis alternatif yang diajukan adalah diterima. Hasil pengaruh langsung diperoleh beta ( 946 ) sebesar 0 592 dengan signifikansi (sign) 0 05 untuk budaya organisasi terhadap kinerja 946 0 351 dan sign 0 036 untuk komitmen organisasi terhadap kinerja dan untuk pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen organisasi memiliki 946 0 922 dan Sign 0 00. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung dihasilkan sebesar 0 323 yaitu hasil dari pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja melalui mediasi komitmen organisasi. Sedangkan koefisien determinasi total yang diperoleh sebesar 0 915. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar PT. PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan senantiasa melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan untuk memumbuhkan komitmen. Kemudian budaya kebersamaan dan kekeluargaan yang dimiliki perusahaan harus tetap dipertahankan karena terbukti sangat berpengaruh terhadap komitmen karyawan. Pihak perusahaan diupayakan untuk senantiasa memotivasi karyawanya agar selalu berprestasi dalam bekerja karena pengaruh komitmen karyawan dengan kinerja. Selain itu juga hendaknya Budaya PT. POS Indonesia (Persero) Kantor Cabang Lamongan yang menghargai kreatifitas tetap dipertahankan. Karena dengan dihargainya kreatifitas karyawan tersebut maka akan muncul ide-ide atau gagasan yang baik untuk organisasi maupun kinerjanya itu sendiri. Untuk penelitian selanjutnya peneliti menyarankan agar mengganti objek penelitian dengan jumlah karyawan yang besar Dengan mengambil sampel pada organisasi yang berskala lebih besar maka akan memiliki keragaman karakter karyawan. Peneliti juga menyarankan untuk penelitian selanjutnya agar menambahkan hipotesis penelitian dengan variabel-variabel kepuasan terhadap gaji trust (kepercayaan) niat untuk keluar dan lain-lain. Sehingga nantinya dapat diperoleh perkembangan penilitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30454

Actions (login required)

View Item View Item