Pengaruh struktur aktiva, struktur modal, dan financial leverage terhadap rentabilitas modal sendiri pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kota Malang periode 2006-2007 / Onysimus Cahyo K. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh struktur aktiva, struktur modal, dan financial leverage terhadap rentabilitas modal sendiri pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kota Malang periode 2006-2007 / Onysimus Cahyo K.

Cahyo K., Onysimus (2009) Pengaruh struktur aktiva, struktur modal, dan financial leverage terhadap rentabilitas modal sendiri pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kota Malang periode 2006-2007 / Onysimus Cahyo K. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam badan usaha koperasi salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan koperasi adalah dengan rentabilitas modal sendiri. Rentabilitas modal sendiri merukapan salah satu alat ukur yang berguna dalam mengukur kemampuan koperasi untuk memperoleh laba (SHU) dengan menggunakan modal sendiri yang dimiliki koperasi. Artinya untuk memperoleh rentabilitas modal sendiri yang tinggi maka koperasi harus berusaha meningkatkan laba (SHU) yang diperoleh setiap periodenya.. Meskipun laba (SHU) bukan merupakan orientasi utama dalam koperasi namun SHU merupakan faktor penting dan harus diwujudkan. SHU bagi koperasi merupakan satu sumber penting dari pemupukan modal sendiri. Pemupukan modal sendiri tersebut akan lebih meningkatkan efisiensi dan memperkokoh kemandirian koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur aktiva struktur modal dan financial leverage terhadap Rentabilitas Modal Sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen yang sifatnya korelasi recursive (satu arah). Adapun bentuk hubungan antara variabel ini adalah hubungan kausal atau hubungan sebab akibat yakni apabila X maka Y . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 18 KPRI yang yang terdaftar di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi kota Malang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan merupakan data sekunder yang diperoleh dari DISPERINDAGKOP kota Malang tahun 2006-2007. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 11.0. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Struktur aktiva dan Financial leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Modal Sendiri dengan tanda positif. Variabel Struktur modal secara parsial juga berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas modal sendiri tetapi dengan tanda negatif. Secara simultan variabel struktur aktiva struktur modal dan financial leverage berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Modal Sendiri. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah sampel dari badan usaha yang sama atau meneliti koperasi di luar KPRI menambah variabel memperpanjang periode atau rentang waktu penelitian sehingga lebih diketahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap rentabilitas modal sendiri pada koperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item View Item