Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah tabungan BRI Simpedes (Studi pada nasabah BRI pengguna tabungan Simpedes di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. cabang Malang Mardinata) / Yeni Adiningrum

Adiningrum, Yeni (2010) Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah tabungan BRI Simpedes (Studi pada nasabah BRI pengguna tabungan Simpedes di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. cabang Malang Mardinata) / Yeni Adiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adiningrum, Yeni. 2008. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BRI SIMPEDES. Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Agus Hermawan, Msi, MBus ; (II) Afwan Hariri Prohimi, SE, Msi. Kata Kunci : Relationship Marketing, Loyalitas Nasabah Tabungan BRI SIMPEDES. Tabungan merupakan salah satu produk perbankan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik beroriantasi jangka pendek atau panjang. Tabungan pada saat ini sudah merupakan kebutuhan primer dari sebagian besar masyarakat kita, hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menabung untuk menunjang masa depan. Bagi dunia perbankan, keberadaan nasabah merupakan asset penting dan ditengah persaingan yang ketat dan dinamis. BRI sebagai salah satu penyedia jasa layanan keuangan menyadari bahwa loyalitas nasabah adalah hal yang harus diraih dan perlu dijaga. Salah satu cara yang digunakan BRI sebagai penyedia jasa layanan keuangan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang menfokuskan diri pada membina hubungan dengan nasabah ini, memilki tujuan akhir yaitu untuk mendapatkan loyalitas nasabah, dengan harapan nasabah ini dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada nasabah Tabungan BRI SIMPEDES di PT. BRI (persero) Tbk. Cabang Malang MARTADINATA. Dalam penelitian ini data diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner tertutup. Jumlah populasi sebanyak 1741 rekening, teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling, sedangkan jumlah minimal sample yang diambil menggunakan rumus Daniel dan Terrel diperoleh 70 responden. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows 11,0 ,dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Setelah melalui proses pengolahan data dan analisis regresi berganda diketahui hasil penelitian yang menyatakan (1) Nilai β1 = 0,099, nilai t = 2,717 dan signifikan t ÔÇô nya = 0,008, SE = 3,96%, membuktikan bahwa ada pengaruh positif dengan tingkat signifikan 5% antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah; (2) Nilai β1 = 0,810, nilai t = 12,294 dan signifikan t ÔÇô nya = 0,000, SE = 48,79%, membuktikan bahwa ada pengaruh positif dengan tingkat signifikan 5% antara komitmen dengan loyalitas nasabah; (3) Nilai β1 = 0,759, nilai t = 8,965 dan signifikan t ÔÇô nya = 0,000, SE = 27,74%, membuktikan bahwa ada pengaruh positif dengan tingkat signifikan 5% antara komunikasi dengan loyalitas nasabah. Sedangkan pengaruh secara simultan variabel Relationship marketing yang terdiri dari kualitas pelayanan, komitmen, dan komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna Tabungan BRI SIMPEDES, dengan nilai F hitung = 90,694 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,796. Dari ketiga variabel tersebut, komitmen merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna Tabungan BRI SIMPEDES. 7 Berdasarkan pemaparan hasil penelitian diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan, komitmen, dan komunikasi secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah telah terbukti. Saran yang dapat diajukan berkaitan dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) meningkatkan pelayanan khususnya pengembangan fisik atau banking hall, harus terus dilakukan hal ini guna menjaga kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi, (2) lebih mensosialisasikan penggunaan teknologi Internet Banking BRI guna menciptakan komunikasi dua arah antara nasabah dengan BRI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30443

Actions (login required)

View Item View Item