Pengaruh brand equity terhadap proses pengambilan keputusan (Studi pada siswa kursus mengemudi "Natuna" Malang) / Andy Hakim Permadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brand equity terhadap proses pengambilan keputusan (Studi pada siswa kursus mengemudi "Natuna" Malang) / Andy Hakim Permadi

Permadi, Andy Hakim (2010) Pengaruh brand equity terhadap proses pengambilan keputusan (Studi pada siswa kursus mengemudi "Natuna" Malang) / Andy Hakim Permadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permadi Andy Hakim. 2009. Pengaruh Brand Equity terhadap Proses Pengambilan Keputusan (Studi Pada Siswa Kursus Mengemudi NATUNA Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sopiah M. Pd. M.M. (II) Hj. Ita Prihatining Wilujeng S.E. M.M. Kata kunci brand equity proses pengambilan keputusan. Peranan brand equity suatu produk dapat dijadikan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Pengolahan brand equity suatu produk dapat dijadikan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi brand equity kursus mengemudi NATUNA Malang proses pengambilan keputusan pada siswa kursus mengemudi NATUNA Malang pengaruh brand equity (yang terdiri dari brand awareness brand association perceived quality brand loyalty) terhadap proses pengambilan keputusan secara parsial dan secara simultan pada siswa kursus mengemudi NATUNA Malang. Penelitian ini dilakukan di kursus mengemudi NATUNA Jalan Brigjen Slamet Riadi 2 A Malang pada tanggal 3 Agustus sampai 19 Agustus 2009. Populasi penelitian adalah siswa kursus mengemudi NATUNA Malang bulan Agustus sebanyak 150 siswa sedangkan untuk sampel sebanyak 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi brand awareness kursus mengemudi NATUNA Malang dinyatakan baik hal ini dibuktikan dengan 58% responden memberikan penilaian setuju terhadap item-item pertanyaan dalam kuesioner yang telah disebarkan kepada 100 siswa sedangkan sisanya 19% memberikan penilaian sangat setuju 17% ragu-ragu 6% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju. Kondisi brand association kursus mengemudi NATUNA Malang dinyatakan baik hal ini dibuktikan dengan 38% responden memberikan penilaian setuju terhadap item-item pertanyaan dalam kuesioner yang telah disebarkan kepada 100 siswa sedangkan sisanya 4% memberikan penilaian sangat setuju 37% ragu-ragu 19% tidak setuju dan 2% sangat tidak setuju. Kondisi perceived quality kursus mengemudi NATUNA Malang dinyatakan baik hal ini dibuktikan dengan 50% responden memberikan penilaian setuju terhadap item-item pertanyaan dalam kuesioner yang telah disebarkan kepada 100 siswa sedangkan sisanya 17% memberikan penilaian sangat setuju 28% ragu-ragu 4% tidak setuju dan 1% sangat tidak setuju. Kondisi brand loyalty kursus mengemudi NATUNA Malang dinyatakan baik hal ini dibuktikan dengan 49% responden memberikan penilaian setuju terhadap item-item pertanyaan dalam kuesioner yang telah disebarkan kepada 100 siswa sedangkan sisanya 10% memberikan penilaian sangat setuju 34% ragu-ragu 7% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju. Sedangkan untuk proses pengambilan keputusan 52% responden dari 100 siswa memberikan penilaian setuju sedangkan sisanya 37% sangat setuju 10% ragu-ragu 1% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand equity (yang terdiri dari brand awareness brand association perceived quality dan brand loyalty) terhadap proses pengambilan keputusan secara parsial. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t yaitu pada brand awareness dapat dilihat bahwa besaran probabilitas (Sig.) 0 000 0 05 dan thitung (4 556) ttabel (1 985) Brand association dapat dilihat bahwa besaran probabilitas (Sig.) 0 024 0 05 dan thitung (2 286) ttabel (1 985) Perceived quality dapat dilihat bahwa besaran probabilitas (Sig.) 0 002 0 05 dan thitung (3 147) ttabel (1 985) Brand loyalty dapat dilihat bahwa besaran probabilitas (Sig.) 0 002 0 05 dan thitung (3 261) ttabel (1 985). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara brand equity (yang terdiri dari brand awareness brand association perceived quality dan brand loyalty) terhadap proses pengambilan keputusan secara simultan. Hal ini dibuktikan dengan uji F yaitu bahwa besaran probabilitas (Sig.) 0 000 0 05 dan Fhitung (32 960) Ftabel (2 467). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi variabel-variabel brand equity (brand awareness brand association perceived quality dan brand loyalty) kursus mengemudi NATUNA Malang sudah cukup baik. Selain itu variabel-variabel brand equity (brand awareness brand association perceived quality dan brand loyalty) baik secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial (sendiri-sendiri) berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses pengambilan keputusan. Angka R sebesar 0 762 menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel brand awareness brand association perceived quality dan brand loyalty dengan proses pengambilan keputusan adalah kuat karena angka ini berada di atas 0 5. Adapun saran dari penelitian ini berkaitan dengan brand association dimana pada penelitian ini menunjukkan bahwa brand association mempunyai pengaruh dan kontribusi paling kecil diantara variabel-variabel brand equity yang lain dengan nilai 946 (0 184) hendaknya perlu memperhatikan lebih serius dengan melalui perbaikan serta peningkatan kualitas harga dan fasilitas sehingga asosiasi merek di benak konsumen akan semakin kuat dan dapat memberikan dampak positif kepada perusahaan. Besar Adjusted R square adalah 0 564 hal ini berarti 56 4% proses pengambilan keputusan dipengaruhi oleh variabel-variabel brand equity (brand awareness brand association perceived quality dan brand loyalty) sedangkan sisanya 43 6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel-variabel brand equity equity (brand awareness brand association perceived quality dan brand loyalty). Oleh karena itu dalam penelitian selanjutnya faktor lain yang berpengaruh tersebut harus dicari dan dikembangkan lagi demi kesempurnaan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30423

Actions (login required)

View Item View Item