Pengaruh earning per share (EPS), basic earning power (BEP) dan economic value added (EVA) terhadap harga saham pada perusahaan food and beverage yang listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2004-2006 / Ahmad Arfan

Arfan, Ahmad (2009) Pengaruh earning per share (EPS), basic earning power (BEP) dan economic value added (EVA) terhadap harga saham pada perusahaan food and beverage yang listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2004-2006 / Ahmad Arfan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Investasi saham di pasar modal membutuhkan beberapa informasi untuk membantu para investor dalam melakukan pengambilan keputusan. Informasi yang relevan dapat digunakan sebagai alat untuk menilai harga saham. Informasi tersebut antara lain adalah Earning Per Share (EPS),Basic Earning Power (BEP), dan Economic Value Added (EVA) yang perubahannya berpengaruh secara langsung terhadap harga saham.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share, Basic Earning Power, dan Economic Value Added secara parsial dan simultan terhadap Harga Saham. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian kausalitas karena bermaksud untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan Food and Beverage yang memenuhi kriteria variabel penelitian.Teknik penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari internet (www.idx.co.id). Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 14.0. Uji Asumsi klasik digunakan untuk mengetahui koefisien regresi pada persamaan tersebut terjadi penyimpangan-penyimpangan yang berarti. Uji Asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, multikolinieritas, heterikedastisitas dan autokorelasi Hasil penelitian menunjukkan 1) Earning Per Share berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham 2) Basic Earning Power tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. 3) Economic Value Added tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham . 4) Earning Per Share, Basic Earning Power, Economic Value Added secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham Penelitian selanjutnya disarankan menambah variabel lain yang berpotensi mempengaruhi harga saham, menambah sampel, memperpanjang periode penelitian, atau meneliti perusahaan dari sektor non Food and Beverage sehingga hasilnya dapat menentukan keuntungan yang optimal dalam meningkatkan harga saham perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30416

Actions (login required)

View Item View Item