Penerapan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 2 batu / Arga Hendra Bimantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 2 batu / Arga Hendra Bimantara

Bimantara, Arga Hendra Bimantara (2023) Penerapan model pembelajaran creative problem solving berbantuan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 2 batu / Arga Hendra Bimantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir secara kritis salah satu kemampuan siswa yang sangat penting dimiliki untuk menghadapi perkembangan global abad ke 21. Namun dari hasil kajian yang dilakukan oleh PISA pada tahun 2018 menunjukkan siswa Indonesia berpikir secara kritis masih tergolong rendah. Dari hasil tes yang dilaksanakan pada kelas X.4 pemikiran kritis siswa juga kurang optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Tujuan penelitian pada artikel ini untuk meningkatkan berpikir siswa secara kritis dengan menerapkan model pembelajaran CPS berbantuan video. Pada artikel ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian artikel ini adalah siswa kelas X.4 SMAN 2 Batu sejumlah 35 siswa. Pengumpulan data melalui lembar kegiatan siswa dan hasil pemikiran kritis siswa menggunakan tes. Dengan melakukan teknik analisis data berupa statistik deskriptif kuantitatif. Hasil temuan penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pembelajaran CPS berbantuan media video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan peningkatan nilai rata-rata siswa dalam berpikir kritis pada siklus I sebesar 70 89 sedangkan siklus II sebesar 79 91. Dari hasil tersebut terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9 02 (12 72%). Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada SMAN 02 Batu meningkat melaui penerapan model pembelajaran CPS berbantuan media video.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:29
Last Modified: 23 Sep 2024 07:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304129

Actions (login required)

View Item View Item