Khoironi, Alifia Azmil Khoironi (2023) Pengaruh penggunaan model relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (react) terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas x / Alifia Azmil Khoironi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) membimbing siswa untuk mengaitkan materi dengan kehidupan nyata memecahkan masalah dan mendorong siswa menggunakan pengetahuan baru untuk menemukan hubungan sebab akibat antar fenomena sehingga melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan kemampuan berpikir spasial siswa dapat dibangun. Kemampuan berpikir spasial merupakan kecakapan yang penting dalam pembelajaran geografi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model REACT terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Subjek penelitian adalah 68 siswa SMAN 1 Tumpang dengan kelas X-11 sebagai kelas kontrol dan kelas X-12 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan model REACT berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Indikator kemampuan berpikir spasial yang memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu hubungan (connection) dan mengidentifikasi (identify) sedangkan indikator yang memiliki nilai rata-rata terendah yaitu lokasi (location) dan keterkaitan ruang (spatial association).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304120 |
Actions (login required)
View Item |