Studi komparasi media augmented reality dan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kajian atmosfer di sma / Yunita Eka Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi media augmented reality dan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kajian atmosfer di sma / Yunita Eka Safitri

Safitri, Yunita Eka Safitri (2023) Studi komparasi media augmented reality dan video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kajian atmosfer di sma / Yunita Eka Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada dunia pendidikan membandingkan beberapa media pembelajaran merupakan hal yang penting untuk mengetahui media yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berperan dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. AR dan video animasi merupakan media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kajian atmosfer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media AR dan video animasi pada kajian atmosfer di SMA. Penelitian yang dilakukan tergolong dalam kuasi eksperimen dengan posttest only control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-2 sebagai kelas eksperimen 1 dan 2. Kelas X-1 dan X-2 dipilih menggunakan teknik purposive sampling melalui pertimbangan nilai rata-rata ulangan harian. Instrumen penelitian berbentuk tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil temuan penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji independent sample t-test kemampuan berpikir kritis sebesar 0 404 gt 0 05 yang berarti tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media AR dan video animasi pada kajian atmosfer di SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304118

Actions (login required)

View Item View Item