Pengaruh faktor psikologis terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Yamaha Mio (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universita Negeri Malang) / Hafid Irmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Yamaha Mio (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universita Negeri Malang) / Hafid Irmansyah

Irmansyah, Hafid (2009) Pengaruh faktor psikologis terhadap proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor Yamaha Mio (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universita Negeri Malang) / Hafid Irmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi dan pasar bebas ini berbagai jenis barang dan jasa dengan ratusan merek yang membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek setiap produk akan semakin tajam dalam merebut konsumen. Bagi konsumen pasar menyediakan berbagai pilihan produk dan merek yang banyak. Konsumen bebas memilih produk dan merek yang akan dibelinya. Keputusan membeli ada pada diri konsumen. Konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam membeli produk dan merek yang tertentu. Diantaranya mereka akan membeli produk yang sesuai kebutuhan seleranya dan daya belinya. Perilaku konsumen merupakan proses yang melibatkan konsumen untuk memilih membeli menggunakan atau meninggalkan produk (barang atau jasa) dalam rangka memuaskan kebutuhan mereka (Solomon 2002). Sehingga perilaku konsumen dapat juga disebut suatu proses dalam memutuskan pembelian suatu produk apakah mereka akan tetap bertahan pada produk yang lama atau berpindah pada produk yang lain. Sehingga penjual akan berusaha dengan maksimal untuk melakukan perbaikan dan pengembangan produk untuk mempertahankan pelanggannya dan menjadikannya pelanggan yang loyal (costumer loyalty). Merosotnya kondisi perekonomian mengakibatkan daya beli masyarakat menjadi berkurang. Hal ini disebabkan para konsumen cenderung bersikap rasional dan selektif terhadap pembelian barang yang diinginkannya baik kualitas produk maupun harganya. Disisi lain dengan tumbuhnya pesaing-pesaing baru maka menuntut pihak perusahaan untuk mengambil langkah dan menerapkan strategi yang tepat untuk mempertahankan para pelanggannya. Untuk dapat mengenal menciptakan dan mempertahankan pelanggan maka studi tentang prilaku konsumen sebagai perwujudan dari aktivitas jiwa manusia sangatlah penting. Perilaku konsumen memberikan wawasan dan pengetahuan tetang apa yang menjadi kebutuhan dasar konsumen mengapa mereka membeli dimana mereka membeli siapa yang berperan dalam pembelian dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu barang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli barang. Seperti yang dikemukakan oleh Suharto (2001 3) bahwa proses pengambilan keputusan dipengaruhi 2 faktor yaitu faktor sosiokultur (kebudayaan kelas sosial kelompok referensi) dan faktor Psikologis (sikap persepsi motivasi dan gaya hidup). Sedangkan proses pengambilan keputusan pembelian memiliki lima tahapan sebagai mana yang di kemukakan oleh Kotler (2000 204) yaitu tahap pengenalan masalah atau kebutuhan tahap pencarian informasi tahap evaluasi alternatif tahap keputusan pembelian dan tahap perilaku pasca pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30410

Actions (login required)

View Item View Item