Israni, Mayang Eka (2023) Pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan google earth terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran geografi / Mayang Eka Israni</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran geografi abad 21 menuntut peserta didik menguasai kemampuan berpikir spasial yaitu kemampuan memecahkan masalah dengan sudut pandang keruangan. Faktanya kegiatan pembelajaran geografi di sekolah kurang mengembangkan kemampuan berpikir spasial. Kemampuan berpikir spasial dapat dilatih melalui model Treffinger karena membuat siswa terdorong untuk berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah. Pengintegrasian model Treffinger dengan google earth dapat mempermudah peserta didik dalam menumbuhkan kapasitas berpikir spasial. Riset ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger berbantuan google earth terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran geografi. Riset kuasi eksperimen ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Subjek riset merupakan siswa kelas XI SMAN 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi. Riset ini memakai 2 sampel yakni kelas XI IPS 2 amp XI IPS 3 yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Instrumen tes yang telah tervalidasi berbentuk soal essay berjumlah 10 untuk mengukur kemampuan berpikir spasial. Rerata nilai posttest kelompok eksperimen ialah 81 sedangkan kelas kontrol 76. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana mendapat nilai t hitung 8 801 gt t tabel 2 035 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 70 1%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger berbantuan google earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada mata pelajaran geografi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304079 |
Actions (login required)
View Item |