Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk Telkomflexi Trendy di Kota Malang / Taufik Arman

Arman, Taufik (2009) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk Telkomflexi Trendy di Kota Malang / Taufik Arman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peralihan rezim tata perekonomian dunia baru menjadi era globalisasi kini telah menciptakan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Pemasaran global diikuti kapitalisme posmomodern meyakinkan kita akan persaingan yang kental. Kini konsumen semakin pandai dan produsen semakin cerdas, namun ada satu celah yang perlu untuk digarap apabila ingin menjadi pemimpin pasar yaitu strategi pemasaran. Ujung tombak dari strategi pemasaran adalah promosi. Keberhasilan promosi sangat bergantung bagaimana pemasar mengemas dan menyajikan, sehingga promosi yang disampaikan dapat dilakukan secara efektif dan efisien tersampaikan kepada konsumen. Titik finisnya adalah peningkatan keuntungan dari keputusan konsumen untuk melakukan pembelian atau konsumsi produk hingga loyalitas untuk terus menggunakan atau mengkonsumsi produk tersebut. Pentingnya peran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ÔÇØPengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk TELKOMFlexi Trendy di Kota MalangÔÇØ. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi (X) yang terdiri dari periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan perseorangan (X3), hubungan masyarakat (X4), dan pemasaran langsung (X5) terhadap keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli dan pengguna TELKOMFlexi Trendy di kota Malang pada tahun 2008. Kemudian dengan menggunakan rumus Infinite Population dari buku Business Statistics for Management and Economics, diperoleh jumlah sampel sebanyak 207 responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan skala yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan menggunakan uji-t dan uji-F. Sedangkan untuk menguji kelayakan regresi dilakukan uji asumsi klasik, dan keseluruhan analisis ini menggunkan bantuan program SPSS 12.0 for Windows. Hasil penelitian ini adalah: (1) 80 responden (38,65%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. untuk produk TELKOMFlexi Trendy melalui media periklanan adalah baik; (2) 82 responden (39,61%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan melalui media promosi penjualan adalah baik; (3) 95 responden (45,89%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan melalui media penjualan perseorangan adalah baik; (4) 95 responden (45,90%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan melalui media hubungan masyarakat adalah baik; (5) 78 responden (37,68%) menyatakan bauran promosi yang dilakukan melalui media pemasaran langsung adalah sangat baik. Berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial variabel periklanan (X1) didapatkan nilai thitung 5,743 > ttabel 2,571 atau signifikan t 0,000 < 0,05, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan periklanan terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi penjualan (X2) didapatkan nilai thitung 3,287 > ttabel 2,571 atau signifikansi t 0,001 < 0,05, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Variabel penjualan perseorangan (X3) didapatkan nilai thitung 3,878 > ttabel 2,571 atau signifikansi t 0,000 < 0,05, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penjualan perseorangan terhadap keputusan pembelian. Variabel hubungan masyarakat (X4) didapatkan thitung 3,671 > ttabel 2,571 atau signifikansi t 0,000 < 0,05, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian. Variabel pemasaran langsung (X5) didapatkan thitung 4,348 > ttabel 2,571 atau signifikansi t 0,000 < 0,05, yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan didapatkan nilai Fhitung 70,88 > Ftabel 4,38 atau signifikansi F 0,000 < 0,05. Dengan demikian variabel periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan perseorangan (X3), hubungan masyarakat (X4), dan pemasaran langsung (X5) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sumbangan Efektif (SE) yang terbesar adalah variabel periklanan yaitu sebesar 14,06% kemudian pemasaran langsung sebesar 8,58%, penjualan perseorangan sebesar 6,97%, hubungan masyarakat sebesar 6,30% dan terakhir promosi penjualan sebesar 5,11%. Selain itu diketahui Adjusted R Square = 0,629 yang artinya; bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 62,9%. Saran yang bisa dikemukakan penulis dari hasil penelitian ini adalah: (1) periklanan sebaiknya dilakukan dengan penuh kreatifitas sehingga dapat lebih menarik konsumen; (2) promosi penjualan sebaiknya ditingkatkan sehingga konsumen dapat lebih loyal untuk terus menggunakan produk TELKOMFlexi Trendy; (3) penjualan perseorangan sebaiknya diberi penanganan yang khusus sehingga dapat menjaga citra perusahaan; (4) hubungan masyarakat sebaiknya lebih diperhatikan agar perusahaan semakin dipercaya oleh masyarakat; (5) pemasaran langsung sebaiknya dijalankan dengan hati-hati guna mencegah persaingan dengan distributor atau pemasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30406

Actions (login required)

View Item View Item