Pengembangan buku teks digital geografi menggunakan qr code pada materi mitigasi bencana alam dengan spatial-ecologycal / Suci Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku teks digital geografi menggunakan qr code pada materi mitigasi bencana alam dengan spatial-ecologycal / Suci Indah Sari

Sari, Suci Indah Sari (2022) Pengembangan buku teks digital geografi menggunakan qr code pada materi mitigasi bencana alam dengan spatial-ecologycal / Suci Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi memiliki dampak positif dan negatif. Belajar secara mandiri dirumah membantu kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan laptop handphone dan koneksi internet. Hal tersebut termasuk salah satu implementasi dari Kurikulum 2013. Pencapaian tersebut dapat didukung dengan hasil penelitian berupa buku teks digital menggunakan QR Code pada materi mitigasi bencana alam dengan spatial- ecologycal. Diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki kepekaan terhadap fenomena yang terjadi disekitar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE sedangkan jenis data yang dihasilkan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Tujuan penelitian pengembangan adalah 1) Mengoptimalkan perspektif geografi dalam memahami materi mitigasi bencana alam. 2) Mengetahui kelayakan produk pengembangan pada materi mitigasi bencana alam menggunakan perspektif spatial-ecologycal berbantuan dengan QR Code. Hasil produk pengembangan buku digital menggunakan perspektif spatial-ecologycal mampu membantu peserta didik dalam memahami materi mitigasi. Menggunakan perspektif spatial peserta didik dapat menganalisis dimana tempat terjadinya suatu bencana sedangkan menggunakan perspektif ecological peserta didik dapat menemukan penyebab serta memberikan solusi untuk mitigasi. Produk layak digunakan karena dapat memahamkan peserta didik tentang pentingnya kewaspadaan terhadap bahaya di sekitar dan berdasarkan uji yang dilakukan oleh 2 ahli yaitu validator ahli media memiliki perolehan 97 1% dengan kualifikasi sangat layak dan validator ahli materi 80% kualifikasi layak sedangkan hasil uji coba produk yang dilakukan peserta didik memperoleh 92 6% dengan kualifikasi sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304005

Actions (login required)

View Item View Item