Chalim, Mochammad Abdul Chalim (2023) Pengembangan geomik (geografi dalam komik) pada materi dinamika kependudukan di indonesia untuk siswa kelas xi ips sman 1 tumpang / Mochammad Abdul Chalim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi memberikan pengaruh signifikan terhadap siswa utamanya literasi digital dalam pendidikan. Keberadaan media komik turut memiliki kontribusi terhadap perkembangan dunia pendidikan. Media komik dalam dunia pendidikan telah dianggap sebagai salah satu sumber pedagogis. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain 1) menghasilkan produk bahan ajar berupa media Geomik (Geografi dalam Komik) materi dinamika kependudukan. 2) untuk membantu siswa dalam memahami materi dan memperkaya wawasan tentang dinamika kependudukan di Indonesia. 3) pembuatan bahan ajar geomik dan dirupakan menjadi komik digital dengan platform Webtoon sebagai media penyampaian yang praktis dan mudah diakses. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Borg amp Gall. Pengambilan data di lakukan di SMAN 1 Tumpang dengan sampel 35 siswa. Validasi dilkukan oleh ahli materi dan media menggunakan kriteria pencapaian nilai kelayakan. Hasil validasi menyebutkan bahwa media komik digital Behind The Number sangat efektif dan ada sedikit perbaikan. Hasil uji coba produk yang telah dilakukan memperoleh total persesntase sebesar 92 57 % dikategorikan layak digunakan secara keseluruhan tanpa revisi. Berdasarkan hasil tersebut diisimpulkan bahwa media pembelajaran geomik digital Behind The Numbers yang sudah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 01:18 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304004 |
Actions (login required)
View Item |