Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma / Alfa Yusrotin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma / Alfa Yusrotin

Yusrotin, Alfa Yusrotin (2023) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma / Alfa Yusrotin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh cara guru melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dalam mencapai tujuan pembelajaran penting bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran sesuai karakteristik siswanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XI SMA NU Solokuro model pembelajaran yang diterapkan berupa model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Peneliti menggunakan keterampilan dasar mitigasi bencana karena materinya relevan dengan pembelajaran kontekstual. Untuk membantu proses pembelajaran di kelas peneliti menggunakan artikel terkait mitigasi bencana dengan pertanyaan-pertanyaan yang menuntut siswa pemikiran kritis. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS dengan jumlah 18 siswa. Hasil yang diperoleh dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA NU Banyubang dengan rerata kemampuan berpikir kritis pada siklus I dari 57 87% menjadi 77 08% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 19 21%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304003

Actions (login required)

View Item View Item