Kafelita, Tasya Nur Kafelita (2023) Pengaruh model project based learning berbantuan webmap qgis terhadap kemampuan berpikir spasial siswa sma / Tasya Nur Kafelita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir spasial menjadi faktor penting dalam bidang geografi karena melibatkan pemahaman tentang keterkaitan antara tempat lokasi dan fenomena geografi lainnya. Adanya penekanan proses pembelajaran yang hanya fokus pada aspek kognitif mengakibatkan pengetahuan spasial siswa rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa yaitu melalui penerapan model project based learning berbantuan WebMap QGIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan WebMap QGIS terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan bentuk post-test only control group desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Nasional Malang. Uji coba instrumen dalam penelitian berupa uji validitas menggunakan korelasi product moment pearson dan uji reliabilitas melalui metode Cronbach rsquo s Alpha. Analisis data yang digunakan yaitu uji Independent sample t-test yang telah melalui uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0 05 dan nilai rata-rata test kemampuan berpikir spasial siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan WebMap QGIS terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI IPS SMA pada materi permasalahan dinamika kependudukan dengan sub materi kepadatan penduduk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304002 |
Actions (login required)
View Item |