Pengembangan media standar lembar balik mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV semester II SDN Candibinangun I / Mariatul Kiptiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media standar lembar balik mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV semester II SDN Candibinangun I / Mariatul Kiptiyah

Kiptiyah, Mariatul (2012) Pengembangan media standar lembar balik mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV semester II SDN Candibinangun I / Mariatul Kiptiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media standar lembar balik pelajaran ilmu pengetahuan alam Pembelajaran merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk memperoleh kompetensi berupa pengetahuan keterampilan dan sikap yang diperlukan dalam melakukan suatu pekerjaan. Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu pembelajaran yang efektif efisien dan menarik. Pembelajaran yang efektif adalah aktivitas dan proses pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran. Sedangkan pembelajaran yang efisien adalah aktivitas dan proses pembelajaran yang memanfaatkan sumber daya relatif sedikit untuk mencapai tujuan secara optimal. Proses dan aktivitas pembelajaran dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang memiliki daya tarik apabila mampu memotivasi siswa untuk mempelajari lebih lanjut isi atau materi pelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa sebagian besar guru di SDN Candibinangun 1 dalam menyampaikan materi terhadap siswa (khususnya pelajaran IPA) menggunakan teknik ceramah dan tanya jawab. Kejadian ini menunjukkan bahwa guru pada saat ini masih bersikap tradisional. Pengembangan media standar lembar balik ini dirasa sangat mungkin dan perlu dilakukan di SDN Candibinangun 1 karena di Sekolah Dasar tersebut hanya ada satu media elektronik yaitu laptop untuk mengoperasikannya tidak semua guru mampu. Tujuan pengembangan ini adalah Menghasilkan media pembelajaran standar lembar balik yang layak dan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa kelas IV SDN Candibinangun I. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan yaitu penelitian yang mencatat meneliti dan mengadakan penyempurnaan terhadap semua kejadian yang berhubungan dengan proses pembelajaran sehingga ditemukan metode penyampaian dengan menggunakan media standar lembar balik. Untuk mengembangkan suatu media pembelajaran diperlukan persiapan dan perencanaan yang teliti sehingga pengembangan ini menggunakan model Arief Sadiman yang dimodifikasi (2011 101). Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan kepada ahli media dan ahli materi dapat disimpulkan bahwa media standar lembar balik layak atau valid digunakan sebagai media pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV. Dengan masing masing presentase dari (1) ahli media (100%) dengan kriteria valid/ layak (2) ahli materi (95%) dengan kriteria valid/ layak. Skor rata-rata pada pre-test adalah 66 2 dan pada post-test adalah 80. Sehingga terjadi peningkatan skor hasil belajar pada uji coba perorangan secara keseluruhan sebesar 450 dengan persentase 13 6%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan media standar lembar balik lebih baik daripada sebelum menggunakan media standar lembar balik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item