Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi mitigasi bencana alam / Nur Rohman Ardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi mitigasi bencana alam / Nur Rohman Ardianto

Ardianto, Nur Rohman Ardianto (2023) Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi mitigasi bencana alam / Nur Rohman Ardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang dilakukan guru terkadang menjadikan siswa mudah bosan dan kurang antusisas sehingga siswa kurang mampu menguasai materi dan menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Solusi permasalahan yang tepat adalah pembaruan baik dari model metode dan media yang digunakan. Model pembelajaran Problem Solving mengajak siswa agar berpikir lebih kritis. Berpikir kritis mampu menyelesaikan permasalahan siswa dalam pembelajaran selain itu meningkatkan pola pikir yang aktif dan kreatif bagi siswa. Media Kahoot mengajak siswa untuk saling berkompetitif sehingga akan menimbulkan suasana lebih aktif dan bersaing untuk unggul dalam pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan Kahoot sebagai media belajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebelumnya metode ini telah dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan langkah perencanaan aksi pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada pembelajaran siklus pertama diperoleh hasil nilai siswa sebesar 74 78 nilai tersebut masih kurang dari KKM yaitu 77 00. Siklus kedua nilai siswa naik dengan rata-rata menjadi 79 75. Penggunaan model Problem Solving serta media Kahoot sangat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303995

Actions (login required)

View Item View Item