Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis geografi siswa sma / Dewi Sinta Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis geografi siswa sma / Dewi Sinta Azizah

Azizah, Dewi Sinta Azizah (2023) Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis geografi siswa sma / Dewi Sinta Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model discovery learning mempunyai banyak keunggulan salah satunya adalah menjadikan pemikiran kritis siswa menjadi lebih terarah. Berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh siswa dalam membantu menyelesaikan permasalahan di era globalisasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Metode penelitiannya menggunakan kuasi eksperimen dengan posttest-only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Malang dengan subjek penelitiannya yaitu kelas XI IPS I-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS J-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal essay berjumlah 5 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan memperoleh hasil nilai signifikansi yaitu 0 001 lebih kecil dari 0 005 sehingga membuktikan bahwa model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303993

Actions (login required)

View Item View Item