Pengaruh model project based learning berbantuan video animasi mitigasi bencana terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sman 11 musi rawas / Yesinta Sandyi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning berbantuan video animasi mitigasi bencana terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sman 11 musi rawas / Yesinta Sandyi

Sandyi, Yesinta Sandyi (2023) Pengaruh model project based learning berbantuan video animasi mitigasi bencana terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sman 11 musi rawas / Yesinta Sandyi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena dimana siswa menerima materi pembelajaran dari guru hanya dengan mendengarkan ceramah mengakibatkan kurangnya peningkatan kemampuan berpikir kreatifitas siswa. Maka sebuah penelitian dirancang untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model PjBL berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi mitigas bencana. Metodologi penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design bertujuan mengetahui gain score. Pengambilan sampel menerapkan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model PjBL dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensinal. Variabel dalam penelitian meliputi kemampuan berpikir kreatif video animasi dan model PjBL. Instrumen penelitian yang digunakan 4 bentuk soal uraian dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis pengaruh pembelajaran pada kelas eksperimen menunjukkan rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen sebesar 83 06 dan kelas kontrol sebesar 70 18. Serta diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0 000 menunjukkan model PjBL berbantuan video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa IPS SMAN 11 Musi Rawas. Kemampuan berpikir kreatif dapat meningkat karena adanya proses pembelajaran yang kompleks dari model PjBL berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303992

Actions (login required)

View Item View Item