Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis pada siswa kelas x ips di sman 1 sutojayan / Syifa\' Qolbiyah Insani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis pada siswa kelas x ips di sman 1 sutojayan / Syifa\' Qolbiyah Insani

Insani, Syifa' Qolbiyah Insani (2023) Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis pada siswa kelas x ips di sman 1 sutojayan / Syifa\' Qolbiyah Insani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Geographical inquiry merupakan suatu model pembelajaran yang berbasis pada kegiatan penyelidikan di lapangan dengan melibatkan keaktifan siswa. Model pembelajaran geographical inquiry dimulai dengan mengembangkan pertanyaan menggunakan lima tema geografi dan diakhiri dengan membuat kesimpulan untuk mengembangkan solusi atau tindakan. Salah satu kelebihan dari model pembelajaran geographical inquiry ini adalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada siswa. Oleh Karena itu penelitian ini dilakukan untuk membuktikan serta mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran geographical inquiry terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS SMAN 1 Sutojayan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-tes post-test control group design. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas X IPS 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Tes kemampuan berpikir analitis diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Tes kemampuan berpikir analitis berjumlah 4 soal berupa soal essay yang disesuaikan berdasarkan indikator kemampuan berpikir analitis. Kemudian data penelitian hasil penghitungan gain score diuji menggunakan uji-t independent dengan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan berpikir analitis siswa di kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan memperoleh nilai yang relatif sama. Namun setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran geographical inquiry siswa kelas eksperimen memperoleh nilai yang berbeda. Siswa kelas eksperimen mendapat nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran geographical inquiry memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas X IPS SMAN 1 Sutojayan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/303979

Actions (login required)

View Item View Item