Pengaruh iklan sepeda motor Yamaha Jupiter Z di telivisi terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pada anggota Klub Motor "SEMOK" Malang) / Dody Herlambang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan sepeda motor Yamaha Jupiter Z di telivisi terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pada anggota Klub Motor "SEMOK" Malang) / Dody Herlambang

Herlambang, Dody (2009) Pengaruh iklan sepeda motor Yamaha Jupiter Z di telivisi terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pada anggota Klub Motor "SEMOK" Malang) / Dody Herlambang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herlambang Dody. 2008. Pengaruh Iklan Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Anggota Klub Motor SEMOK Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sopiah M.Pd M.M (II) Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata kunci iklan televisi sepeda motor keputusan pembelian Iklan merupakan salah satu komponen bauran promosi yang menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para pemasar untuk mengkomunikasikan produknya kepada konsumen yang dituju. Iklan digunakan untuk memberikan informasi tentang produk yang dipasarkan serta pesan-pesan yang mampu membujuk calon konsumen sedemikian rupa untuk menciptakan tindakan keputusan pembelian pada akhirnya. Terdapat berbagai macam pilihan media untuk melaksanakan penayangan iklan. Namun diantara begitu banyak macam televisi diyakini sebagai media iklan terbaik dikarenakan media tersebut dapat memberikan kombinasi sekaligus antara suara dengan gambar yang bergerak sementara media-media yang lain tidak memiliki kombinasi dari keduanya. Kombinasi audio visual televisi diharapkan mampu memaksimalkan proses komunikasi dari iklan sehingga membuat pesan yang terkandung didalamnya tersampaikan dengan baik untuk mendukung terciptanya keputusan pembelian pada akhirnya. Oleh karena itu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan sepeda motor Yamaha Jupiter Z di televisi terhadap keputusan pembelian konsumen dengan mengambil sampel pemilik motor Yamaha Jupiter Z di klub motor SEMOK Malang. Variabel-variabel yang diteliti adalah variabel bebas (X) yang terdiri dari isi pesan (X1) struktur pesan (X2) format pesan (X3) dan sumber pesan (X4). Dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian konsumen (Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh isi pesan (X1) struktur pesan (X2) format pesan (X3) dan sumber pesan (X4) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) pada pemilik motor Yamaha Jupiter Z di klub motor SEMOK Malang baik secara parsial maupun simultan dan juga untuk mengetahui komponen dalam iklan yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling kepada anggota klub sepeda motor SEMOK Malang dengan keanggotaan keseluruhan sampai dengan April 2008 berjumlah 107 anggota. Dari populasi tersebut diambil sampel sejumlah 100 orang yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Untuk memenuhi tujuan dari penelitian ini maka digunakan analisa statistic deskriptif atas data yang diperoleh dari penyebaran angket sebagai instrument penelitian dan analisis statistik inferensial untuk mengetahui pengaruh keempat unsur iklan televisi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression). Hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara isi pesan iklan terhadap keputusan pembelian konsumen Yamaha Jupiter Z dengan membandingkan nilai t hitung 2.022 yang lebih besar daripada t tabel 1.6602 dengan tingkat signifikasi 0.04

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30392

Actions (login required)

View Item View Item