Pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian (studi pada anggota koperasi Bahtera Kencana Blitar) / Dwi Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian (studi pada anggota koperasi Bahtera Kencana Blitar) / Dwi Puji Lestari

Lestari, Dwi Puji (2009) Pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian (studi pada anggota koperasi Bahtera Kencana Blitar) / Dwi Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat jasa yang diterima (perceived services) dengan tingkat jasa yang diharapkan (expected services) (Kotler 2000).Pengambilan keputusan konsumen (consumen decision making) merupakan proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya (Setiadi 2003 415).Saat ini konsumen lebih suka melakukan transaksi di koperasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain mengenai layanan yang diberikan oleh koperasi sesuai dengan keinginan pilihan produk yang ditawarkan oleh koperasi beragam sesuai dengan kebutuhan cara pembayaran di koperasi sangat mudah yaitu bisa tunai maupun kredit persyaratan pinjaman di koperasi mudah dengan bunga pinjaman yang sangat ringan dan lain sebagainya. Secara harfiah koperasi berarti bekerjasama artinya koperasi merupakan usaha bersama dari sekelompok orang yang mempunyai kepentingan yang sama dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya (Baswir 2000 1). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui hubungan antara kualitas layanan (bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan serta empati) secara parsial terhadap keputusan pembelian anggota pada Koperasi Bahtera Kencana Blitar. (2) Mengetahui hubungan antara kualitas layanan (bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan serta empati) secara simultan terhadap keputusan pembelian anggota pada Koperasi Bahtera Kencana Blitar. (3) Mengetahui kualitas layanan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian anggota pada Koperasi Bahtera Kencana Blitar Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dimana variabel bebasnya yaitu Kualitas Layanan (X) (Bukti fisik(X1) Reliabilitas (X2) Daya tanggap (X3) Jaminan(X4) dan Empati(X5)) Sedangkan variabel terikatnya adalah Keputusan pembelian . Penelitian ini merupakan penelitian jenis rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi Bahtera Kencana Blitar pada tahun 2007 yang berjumlah 145 orang. Sampel dalam penelitian ini anggota Koperasi Bahtera Kencana Blitar yang melakukan transaksi di Koperasi pada tahun 2007. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling atau sampel tujuan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunanakan adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas layanan (bukti fisik realibilitas daya tanggap jaminan dan empati) secara parsial terhadap keputusan pembelian anggota Koperasi Bahtera Kencana Blitar. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas layanan (bukti fisik realibilitas daya tanggap jaminan empati) secara simultan terhadap terhadap keputusan pembelian anggota Koperasi Bahtera Kencana Blitar.(3) Reliabilitas (X2) merupakan sub variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan pengamatan yang diperolah selama penelitian adalah (1) Kondisi kualitas pelayanan hendaknya dapat digunakan Koperasi Bahtera Kencana Blitar sebagai bahan pertimbangan guna terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian anggota.(2) Kiranya Koperasi Bahtera Kencana terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga kualitasnya tidak kalah dengan koperasi-koperasi lain.(3) Untuk meningkatkan kualitas layanannya hendaknya pihak koperasi juga meminta saran dan pendapat dari anggotanya sehingga apa yang disajikan koperasi baik berupa simpan pinjam maupun fasilitas toko dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan anggota. (4) Peneliti berikutnya yang ingin meneliti lebih jauh tentang kualitas pelayanan di Koperasi Bahtera Kencana Blitar dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian anggota hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini sehingga hasilnya bisa lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30387

Actions (login required)

View Item View Item