Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen pengguna sepeda motor merek Yamaha di wilayah Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Sri Raehan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen pengguna sepeda motor merek Yamaha di wilayah Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Sri Raehan

Raehan, Sri (2008) Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen pengguna sepeda motor merek Yamaha di wilayah Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang) / Sri Raehan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Raehan Sri. 2008. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha di Wilayah Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S-I Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si Kata kunci Ekuitas Merek Keputusan Pembelian Konsumen Pada era globalisasi ini mendorong para praktisi usaha untuk bertindak dengan lebih cermat dalam memasarkan produknya agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat karena dengan melihat kondisi sekarang banyak perusahaan secara drastis mengubah strategi usaha dan pemasarannya untuk lebih dekat dengan konsumen mengatasi ancaman-ancaman persaingan dan memperkuat keunggulan bersaingnya. Perusahaan menghasilkan produk dengan kualitas model karateristik tambahan (features) kualitas yang relatif sama dapat memiliki kinerja yang berbeda di pasar karena perbedaan persepsi dalam benak konsumen. Pembentukan persepsi tersebut dapat dilakukan dengan jalan membangun merek Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang baik secara parsial maupun simultan dan variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yaitu pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi yang diambil adalah seluruh konsumen pada pengguna sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang yang jumlahnya tak terhingga (infinite population) maka teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan sampel sebanyak 130 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 40 responden. Data diperoleh melalui responden menggunakan kuesioner/angket tertutup dan diukur menggunakan skala Likert dengan skala lima. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Kesadaran merek mempunyai nilai sig t 0 000 lebih kecil dari nilai signifikansi ( sehingga pada peluang kesalahan 5% kesadaran merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang beta 29 6% (2) Asosiasi merek mempunyai nilai sig t 0 036 lebih kecil dari nilai signifikansi ( sehingga pada peluang kesalahan 5% asosiasi merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang beta 15 3% (3) Persepsi kualitas mempunyai nilai sig t 0 000 lebih kecil dari nilai signifikansi ( sehingga pada peluang kesalahan 5% persepsi kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang beta 30 1% (4) Loyalitas merek mempunyai nilai sig t 0 000 lebih kecil dari nilai signifikansi ( sehingga pada peluang kesalahan 5% loyalitas merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang beta 27 5%. Secara simultan keempat variabel yaitu kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang. Selanjutnya saran-saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Diharapkan perusahaan sepeda motor merek Yamaha dapat membuka cabang Dealer sepeda motor merek Yamaha di sekitar daerah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang. (2) Persepsi kualitas merupakan faktor yang paling dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha di wilayah kelurahan Sumbersari kecamatan Lowokwaru kota Malang untuk itu unsur dalam persepsi kualitas yang meliputi kualitas produk harga relatif terjangkau bergengsi dan berkelas harus diperhatikan oleh perusahaan sepeda motor merek Yamaha untuk meningkatkan ekuitas merek sepeda motor Yamaha. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan variabel bebas diluar variabel kesadaran merek asosiasi merek persepsi kualitas dan loyalitas merek seperti bauran promosi brand image pengaruh iklan televisi dan lainnya yang berhubungan dengan keputusan pembelian sepeda motor merek Yamaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30384

Actions (login required)

View Item View Item