Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan siswa dalam memilih lembaga bimbingan belajar (studi pada lembaga bimbingan belajar Totalwin College Jl. Bandung Nomor 18 Malang) / Ananingsih Nurlita Pristiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan siswa dalam memilih lembaga bimbingan belajar (studi pada lembaga bimbingan belajar Totalwin College Jl. Bandung Nomor 18 Malang) / Ananingsih Nurlita Pristiwi

Pristiwi, Ananingsih Nurlita (2008) Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap keputusan siswa dalam memilih lembaga bimbingan belajar (studi pada lembaga bimbingan belajar Totalwin College Jl. Bandung Nomor 18 Malang) / Ananingsih Nurlita Pristiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pristiwi Ananingsih Nurlita. 2008. Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Keputusan Siswa Dalam Memilih Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Totalwin College JL Bandung Nomor 18 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Konsentrasi Pemasaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sudarmiatin M.Si (II) Drs. Djoko Dwi Kusumajanto M.Si. Kata kunci Faktor Internal Faktor Eksternal Keputusan Siswa Saat ini dunia sedang mengalami kompetisi dalam berbagai hal baik di bidang sosial ekonomi maupun politik. Karena itulah pastinya setiap negara harus berusaha untuk meningkatkan kemajuan negaranya untuk dapat bersaing dengan negara lain yang lebih maju. Hal dasar yang sangat mempengaruhi kemajuan suatu negara adalah pendidikan. Saat ini walaupun Indonesia masih belum tergolong negara maju tapi kesadaran akan pendidikan makin meningkat. Peran serta pemerintah terbukti dengan mulai dibangunnya sekolah-sekolah di daerah terpencil dan juga diberikannya kesempatan pada pihak swasta untuk mendirikan sekolah. Semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya pendidikan semakin menambah maraknya perkembangan pendidikan. Berbagai tuntutan yang dihadapi siswa mulai dari standar nilai kelulusan sampai persaingan dalam hal nilai dan masuk perguruan tinggi negeri menuntut siswa untuk meningkatkan pengetahuannya. Oleh karena itu lembaga bimbingan belajar pun berkembang sebagai respon kebutuhan siswa akan tambahan pelajaran. Bagi lembaga bimbingan pun harus memperhatikan berbagai strategi untuk bersaing dengan lembaga lain yang sejenis yang telah menjamur dan memiliki keunggulan tersendiri. Lembaga bimbingan harus mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi siswa dalam memilih lembaga bimbingan belajar kemudian merancang stratesi untuk menarik pelanggan dan mengungguli saingannya. Maka penulis tertarik untuk mengambil judul Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Keputusan Siswa Dalam Memilih Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Pada Lembaga Bimbingan Belajar Totalwin College JL Bandung Nomor 18 Malang) . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh faktor internal yang terdiri dari motivasi dan sikap secara parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih LBB (2) faktor eksternal yang terdiri dari kelompok acuan harga dan lokasi secara parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih LBB (3) pengaruh faktor internal yang terdiri dari motivasi dan sikap serta pengaruh faktor eksternal yang terdiri dari kelompok acuan harga dan lokasi secara simultan terhadap keputusan siswa dalam memilih LBB dan (4) Faktor yang dominan berpengaruh terhadap keputusan siswa dalam memilih LBB. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA/MA yang memilih lembaga bimbingan belajar Totalwin Colllege JL Bandung nomor 18 Malang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi. Jumlah populasi 100 responden dan semuanya dijadikan sampel. Berdasarkan hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pengaruh positif yang signifikan antara faktor internal yang terdiri dari motivasi dan sikap secara parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih LBB. Hal ini dibuktikan dengan pengaruh motivasi terhadap keputusan siswa dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 599 1 980. selain itu taraf signifikansinya 0 05 yaitu 0 011 pengaruh sikap terhadap keputusan siswa dengan nilai thitung ttabel yaitu 3 441 1 980 selain itu taraf signifikansinya 0 05 yaitu 0 001. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara faktor eksternal yang terdiri dari kelompok acuan harga dan lokasi secara parsial terhadap keputusan siswa dalam memilih LBB. Hal ini dibuktikan dengan pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan siswa dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 217 1 980. selain itu taraf signifikansinya 0 05 yaitu 0 029 pengaruh harga terhadap keputusan siswa dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 456 1 980. selain itu taraf signifikansinya 0 05 yaitu 0 016 dan pengaruh lokasi terhadap keputusan siswa dengan nilai thitung ttabel yaitu 2 364 1 980. selain itu taraf signifikansinya 0 05 yaitu 0 020. Berdasarkan nilai Fhitung sebesar 13 928 dengan taraf signifikansi 0 000 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara faktor internal yang terdiri dari motivasi dan sikap serta faktor eksternal yang terdiri dari kelompok acuan harga dan lokasi secara simultan terhadap keputusan siswa dalam memilih LBB. Diketahui pula bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0 395 dapat diartikan bahwa variabel faktor internal yang terdiri dari motivasi dan sikap serta eksternal yang terdiri dari kelompok acuan harga dan lokasi dalam mempengaruhi keputusan siswa dalam memilih LBB adalah sebesar 39 5% dan sisanya sebesar 60 5% dipengaruhi hal-hal lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Misalnya dari faktor internal dan eksternal yang lain berupa promosi jenis program yang ditawarkan keterlibatan pengalaman dan lain-lain yang mempengaruhi siswa memilih LBB. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui pula bahwa faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi keputusan siswa dalam memilih lembaga bimbingan belajar adalah sikap. Saran yang dapat diberikan peneliti bagi pihak lembaga bimbingan belajar Totalwin College adalah hendaknya lembaga bimbingan belajar Totalwin College lebih meningkatkan sarana prasarana dan kualitas pelayanannya pada pelanggan. Karena kepuasan yang dirasakan pelanggan akan membawa pada loyalitas yang pada akhirnya membawa keuntungan pada perusahaan. Dikarenakan sikap merupakan unsur yang berpengaruh dominan terhadap keputusan siswa. Maka dari itu disarankan agar lembaga bimbingan belajar Totalwin College dapat selalu menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap lembaga ini. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya Hendaknya peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti variabel-variabel lain yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan memilih suatu merk atau jenis produk tertentu. Selain itu juga unsur-unsur apa yang melatarbelakangi pemilihan suatu tempat belanja bagi konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30380

Actions (login required)

View Item View Item