Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone Nokia (studi pada konsumen yang membeli dan menggunakan handphone Nokia di perumahan dosen Politeknik Negeri Malang) / Rauf Mega Sarjono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone Nokia (studi pada konsumen yang membeli dan menggunakan handphone Nokia di perumahan dosen Politeknik Negeri Malang) / Rauf Mega Sarjono

Sarjono, Rauf Mega (2011) Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian handphone Nokia (studi pada konsumen yang membeli dan menggunakan handphone Nokia di perumahan dosen Politeknik Negeri Malang) / Rauf Mega Sarjono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Atribut Produk Keputusan Pembelian Dalam perkembangannya di era globalisasi ini mendorong dunia usaha berlomba-lomba untuk memberikan mutu dan pelayanan melebihi harapan pelanggan. Salah satu yang dapat dikatakan sebagai penyebab globalisasi pasar adalah perkembangan dan kemajuan teknologi yang bergerak sangat cepat dan signifikan. Telepon selular atau sering disebut dengan handphone memberikan jawaban kepada kebutuhan berkomunikasi masyarakat pada umumnya. Untuk tetap menjadi produsen handphone yang berkompeten dibanding dengan para pesaing-pesaingnya maka Nokia harus mempunyai kekuatan dan juga konsistensi dalam memberikan kepuasan terhadap konsumen dan keunggulan bersaing untuk dapat membedakan pesaing dan memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran atribut produk dan keputusan pembelian mengetahui Pengaruh atribut produk secara parsial terhadap keputusan pembelian dan mengetahui pengaruh atribut produk secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu konsumen yang membeli dan menggunakan handphone Nokia di Perumahan Dosen Politeknik Negeri Malang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Atribut Produk (X) yang terdiri dari variabel Harga (X1) Mutu (X2) Merek (X3) Kemasan (X4) Pelayanan (X5) dan Garansi (X6). Variabel terikatnya adalah variabel Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah eksplanatori (exsplanatory research). Untuk populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 98 yang mana diperoleh dari jumlah pembeli dan pengguna handphone nokia pada konsumen di perumahan dosen politeknik negeri malang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 79 responden yang dipilih secara Proportionate Stratified Random Sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen menjawab setuju terhadap keadaan atribut produk dan keputusan pembelian Handphone Nokia terdapat pengaruh yang signifikan antara atribut produk (khusunya pada sub-variabel merek kemasan pelayanan) secara parsial terhadap keputusan pembelian handphone nokia sedangkan untuk sub-variabel Harga Mutu Garansi tidak terlalu berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh yang signifikan antara atribut produk (harga mutu merek kemasan pelayanan dan garansi) secara simultan terhadap keputusan pembelian handphone nokia. Pada penelitian ini sub-variabel pelayanan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen yang membeli dan menggunakan handphone nokia di perumahan dosen politeknik negeri malang. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan jika perusahaan ingin terus melakukan inovasi produk harus memperhatikan keenam variabel atribut produk (Harga Mutu Merek Kemasan Pelayanan Garansi) sehingga akan menghasilkan loyalitas pelanggan terhadap produk perusahaan. Perusahan perlu lebih dekat dengan konsumen untuk mengetahui tentang tingkat kepuasan konsumen sehingga perusahaan dapat mendirikan counter resmi sekaligus customer care yang mudah untuk dijangkau oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30373

Actions (login required)

View Item View Item